Riska Yuliani, Owner Er-Corner

Melayani dengan Hati

By Trip Riau  |  14 Agustus 2014 09:20:45 WIB  |  Business


Pekanbaru, Tripriau.com – ‘‘Dalam menjalankan bisnisnya, Riska memegang satu prinsip, yakni melayani dengan hati. Sebagai owner, dia memang selalu ingin memberikan yang terbaik buat pelanggan.’’ Passion yang besar terhadap dunia fesyen menjadi alasan bagi Riska Yuliani untuk menekuni usaha di bidang ini. Mengusung brand Er-Corner Boutiqe, usahanya kian berkembang.

Kini, omset perbulannya berkisar Rp 25 juta sampai Rp 50 juta. Pencapaian itu diraihnya dalam usia relatif muda, 25 tahun. Kini, Er-Corner yang didirikan Riska pada 2011 yang lalu, telah mampu menjadi brand yang cu- kup dikenal para pecinta fesyen di Pekanbaru, terutama kaum hawa. Sebagian besar, produk-produk di Er-Corner adalah barang-barang vintage (tahun lama), namun murah dan berkualitas. Di Er-Corner, pelanggan bisa memilih aneka dress, blouse, outerwear, pants, skirt, top, tee, bottomwear, boots, accessories, bag, clutch, wallet, dan lain sebagainya.Tentunya, dengan harga beragam dan terjangkau.

Tak hanya itu, suasana nyaman dan akrab akan langsung terasa di butik yang terletak di Jalan Balam Sakti, Panam, Pekanbaru ini. Ada satu prinsip yang selalu dipegang oleh Ika, demikian dia biasa disapa, dalam menjalankan bisnisnya, yakni melayani dengan hati. Sebagai owner, Ika memang selalu ingin memberikan yang terbaik buat pelanggan.

Baginya, tak ada pembeli dan penjual, yang ada hanyalah teman. Dalam berhubungan dengan pelanggan, Ika selalu memposisikan dirinya sebagai keluarga maupun teman. Dengan tangan terbuka dia selalu menerima dan memberikan masukan terhadap pelanggan terkait fesyen. Dengan cara itu, hubungannya dengan pelanggan dapat terjalin akrab.

Banyak pelanggan datang, selain ingin berbelanja juga berkonsultasi hal-hal seputar fesyen. Momen inilah yang kerap dijadikan ajang sharing antara di- rinya dengan para pelanggan. Pada akhirnya, owner, reseller, customer merupakan sebuah ke- luarga besar di er-corner. ‘’Intinya melayani dengan hati,’’ ungkapnya. Bahkan, Ika menuturkan sering juga para customer meneleponnya hanya untuk bertanya soal padu-padan busana yang ingin dikenakan. ‘’Itu biasanya kalau mereka ingin pergi ke suatu acara, selalu saja ada yang menelepon,’’ ujar wanita yang bercita-cita jadi pengacara ini. Ika juga tak segan-segan memberikan edukasi seputar fesyen kepada para customer.

‘’Karena banyak juga hal-hal seputar fesyen yang mereka belum tahu. Berkat edukasi itu, banyak dari mereka yang paham dan tidak lagi dibohongi ketika harus berbelanja di tempat lain,’’ jelas alumnus Hubungan Internasional Universitas Riau ini. Dengan strategi itu, tak heran butiknya tak pernah sepi dari pengunjung. Strategi Promosi Keterbatasan dana yang ada untuk beriklan di media massa, membuat Ika memilih cara lain untuk berpromosi.

Caranya dengan memanfaatkan apa yang ada pada dirinya. ‘’Intinya memanfaatkan karakter yang kita miliki. Mengiklankan via diri sendiri. Caranya, yah, dengan penampilan dan pelayanan. Alhamdulillah, cara itu cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan,’’ tutur wanita kelahiran Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini. Bahkan, Ika menilai, customer sendiri adalah marketing baginya.

Mereka-mereka inilah yang ter- kadang juga ikut mempromosikan butiknya. ‘’Bahkan, tanpa diminta mereka juga sering mempromosikan er-corner via media sosial,’’ katanya sumringah. Keberadaan media sosial sebagai salah satu media promosi yang ampuh, juga dimanfaatkan gadis berparas manis ini. Di era digital saat ini, keberadaan media seperti internet menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas komunikasi pemasaran.

Bahkan, Ika mengaku transaksi via online berkontribusi besar dalam penjualannya, yakni menyumbang 50 persen dari total penjualan. ‘’Lima puluh persen lagi baru dari offline, artinya orang yang datang langsung ke butik,’’ jelasnya. Kemudahan dalam menjalin koneksi di media sosial itu pula yang dilakukan Riska Yuliani sebagai salah satu strategi pemasarannya. Secara rutin dia menyapa pelanggan dan men-share foto-foto koleksi terbaru dari Er-Corner. Baik melalui akun twitter maupun Broadcast Massage. Melalui akun @ercorner, para folowers-nya bisa melihat koleksi-koleksi terbaru dan tentunya menarik untuk dimiliki.



Tags:  -