Melihat Pesona Sungai Kerumutan

By Trip Riau  |  10 Januari 2015 03:22:23 WIB  |  Wisata Riau

Sungai Kerumutan yang berada di kabupaten Pelelawan. Foto: Endang Soleha for tripriau.com

Kerumutan, Tripriau.com - Sinar matahari pagi menyambut perjalanan kami menuju Sungai Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Sungai Kerumutan yang berada di Desa Kapau, Kecamatan Kerumutan merupakan sungai penghasil ikan bagi masyarakat setempat yang sebagiannya adalah nelayan. Sungai Kerumutan ini mengalir menuju Teluk Meranti. Sampai dilokasi, hamparan sungai dengan air yang hitam pekat menyambut kedatangan kami.

Kami memulai petualangan dengan menggunakan transportasi air, yakni perahu bermesin atau pompong yang disewa Rp 300 ribu sekali jelajah. Satu persatu rombongan kami yang berjumlah 6 orang menaiki pompong dan memulai petualangan pada hari itu. Sungai Kerumutan memberikan pemandangan yang luar biasa. Hutan sekunder yang berada ditepian yang mengapit Sungai Kerumutan ini tampak lebat dengan tumbuhan khas Desa Kapau, yang biasa disebut masyarakat tempatan dengan Pohon Bencano.

Ditambah dengan beberapa tanaman air di sepanjang sungai. Sungai Kerumutan bisa dijangkau dari Kota Pangkalan Kerinci, ibukota Pelalawan dengan menggunakan transportasi darat seperti motor dan mobil selama 3 jam.

 

Endang Soleha Mahasiswi Jurusan Biologi,

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,

Universitas Riau



Tags:  -