Air Terjun Guruh Gemurai

Menapak Keindahan di Puncak Betabuh

By Trip Riau  |  12 Januari 2015 20:45:56 WIB  |  News,Wisata Riau


Kuantan Singingi, tripriau.com - Menikmati keindahan air terjun di tengah belantara yang masih asri, merupakan keseruan tersendiri saat melakukan kegiatan travelling. Sensasi ini dapat kita temukan saat mengunjungi air terjun Guruh Gemurai di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kuantan Singingi. Air terjun Guruh Gemurai merupakan satu dari dua air terjun yang ada di Kuantan Singingi, yang kini menjadi ikon wisata di kabupaten ini. Banyak keunikan air terjun ini yang tak dimiliki oleh air terjun lainnya yang ada di Riau.

Air terjun Guruh Gemurai berada di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh. Hutan Lindung ini membentang luas di sebagian wilayah Kuantan Singingi bagian Barat atau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Di kawasan hutan inilah air terjun Guruh Gemurai berada. Air terjun Guruh Gemurai terdiri dari beberapa tingkat. Mulai dari tingkat yang paling atas sampai yang paling bawah. Tiap tingkatannya masing-masing memiliki kolam dibawahnya yang bisa dijadikan tempat mandi-mandi bagi pengunjung. Mulai dari tingkat paling atas sampai paling bawah dihubungkan dengan tangga-tangga yang terbuat dari beton.

Ada ratusan anak tangga yang mesti kita lalui untuk sampai di area terbawah air terjun ini. Area air terjun ini juga dikepung beberapa pohon besar khas Bukit Betabuh yang besar dan menjulang. Sehingga, suasana sejuk dan teduh begitu terasa. Sinar matahari hanya bisa sesekali mengintip dari balik celah daun-daun pohon yang rimbun. Tak heran, air di sini terasa begitu sejuk dan jernih. Saat menuruni tangga demi tangga menuju bagian terbawah air terjun ini, kita juga akan menemui beberapa pendopo yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Namun, pengunjung mesti hati-hati saat menapaki anak tangga ini. Baik ketika naik maupun turun. Terutama sekali untuk perempuan dan anak-anak. Karena dibeberapa titik turunannya sangat curam, hingga 45 derajat. Saat Trip Riau berkunjung ke sini beberapa waktu lalu, beberapa penyangganya yang terbuat dari besi juga mulai goyang. Sehingga, faktor keamanan harus benar-benar diperhatikan. Kawasan wisata Air Terjun Guruh Gemurai ini juga memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, mushalla dan pendopo yang bisa dijadikan tempat melepas lelah. Berbagai jenis makanan dan minuman juga tersedia di sini.

Namun, pengunjung harus memperhatikan kebersihan di tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Menuju Guruh Gemurai Akses menuju Kawasan Wisata Air Terjun Guruh Gemurai sangatlah mudah. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan. Sayang, belum ada angkutan umum yang mengambil rute hingga ke kawasan air terjun ini. Dari ibukota Kabupaten Kuansing, yakni Teluk Kuantan cuma dibutuhkan waktu lebih kurang 1 jam untuk mencapai lokasi. Jalan Lintas Barat yang akan dilewati pun kondisinya cukup baik, meski dibeberapa titik terdapat kerusakan. Untuk itu pengunjung disaran untuk ekstra hati-hati saat berkendara.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi kita akan disuguhi panorama alam dan tradisi kehidupan masyarakat Kuantan Singingi yang masih kental. Jalanan yang berkelok-kelok pun memberikan sensasi tersendiri. Sesekali terlihat bentang hutan yang luas, namun sudah tampak gundul, ditambah aliran Sungai Batang Kuantan yang berwarna kecoklatan membelah wilayah ini. Mata juga dimanjakan dengan hamparan sawah yang hijau di sisi kiri dan kanan jalan. Lebih kurang 15 menit setelah melewati Pasar Lubuk Jambi, kita akan menemui gerbang bertuliskan Air Terjun Guruh Gemurai di sisi kanan jalan. Melewati gerbang ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk, yakni Rp 3000 untuk dewasa Rp 1000 untuk anak-anak. Sedangkan biaya parkir Rp 1000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 1500 untuk kendaraan roda empat. Dari gerbang menuju ke lokasi air terjun paling berjarak lebih kurang 1 kilometer. (rio)



Tags:  -