Menikmati Cita Rasa Nusantara

By Trip Riau  |  12 Januari 2015 23:35:42 WIB  |  Culinary,News


Pekanbaru, tripriau.com - Di sebuah senja yang sederhana, Chef Hendry menyuguhkan kepada kami sebuah sajian istimewa, yakni Nasi Goreng Hawaii. Di La Table Restaurant, Hotel Ibis, yang bernuansa Prancis kami mencicipinya sambil bercengkrama banyak hal. Terutama, keunikan nasi goreng hasil kreasinya.

Nasi Goreng Hawaii yang ada dihadapan kami hadir dengan penuh kejutan. Buliran nasi go- rengnya tersembunyi dalam sebuah nenas yang dibelah menjadi dua bagian dan dikeluarkan isinya. Namun, aromanya menyeruak menyiratkan kelezatan dan cita rasa khas nasi goreng. Kuliner asli nusantara. ‘’Di lidah kita kesannya agak lain.

Rasa nenas dicampur dengan nasi akan memberikan sensasi. Ketika mengunyah dan terasa potongan nenas itu rasanya unik,’’ kata Chef Hendry yang sudah 23 tahun bergulat di dunia kuliner. Benar saja, taste Nasi Goreng Hawaii ini begitu berbeda, karena ada potongan nenasnya. Sehingga, lebih fresh dan gurih. Pada topingnya kemudian ditambahkan irisan telur ditambah sayuran seperti selada, wortel dan tomat. ‘’Saya pilih nenas karena banyak dan mudah didapat di daerah kita.

Sekaligus kita ingin memasyarakatkan nenas sebagai hasil dari daerah kita,’’ kata chef yang sudah melanglang buana ke hampir seluruh hotel berbintang di Pekanbaru ini. Hari semakin sore, namun Chef Hendry tak berhenti memberi kejutan. Satu lagi hasil kreasinya kembali tersaji di round table restoran yang berhadapan de-ngan swimming pool ini. Kali ini dengan Nasi Goreng Melayu. Uniknya, nasi goreng ini hadir dengan toping ikan Salai Selais, ikan asli Bumi Lancang Kuning. (rio)



Tags:  -