Berburu Kuliner di Pasar Bawah

By Trip Riau  |  10 April 2015 17:03:39 WIB  |  Culinary

Pasar Bawah.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Hai, Tripers. Pasar Wisata Pasar Bawah sudah lama menjadi ikon Kota Bertuah Pekanbaru. Tempat ini merupakan salah satu surga belanja di kota yang terkenal sebagai pusat perdagangan dan jasa ini.

Tempat ini sangat unik. Arsitekturnya jauh dari kesan modern, tapi mampu menghadirkan aura masa silam. Lokasinya juga memiliki nilai histori yang tinggi. Karena berada di kawasan Senapelan yang dikenal sebagai cikal bakal lahirnya Kota Pekanbaru.

Pasar Bawah merupakan tempat yang tepat untuk berburu barang-barang seperti keramik, karpet, pakaian, maupun cinderamata untuk dibawa sebagai oleh-oleh ke kota asal.

Tapi, Pasar Bawah sebenarnya tidak hanya memberikan tawaran barang-barang berkualitas. Di pasar wisata yang terletak di ujung Jalan Ahmad Yani ini pengunjung bisa berburu aneka kuliner lezat. Di penghujung pekan kita akan menemukan ramai sekali pengunjung membeli dan menawar makanan di sini.

Banyak sekali pilihan makanan khas Riau yang bisa kita pilih dan jadikan oleh-oleh. Makanan-makanan yang dijual di sini berasal dari berbagai daerah yang ada di Riau.

Ada Lempuk Durian dan Dodol Durian dari Bengkalis. Kacang Pukul dari Bagan Siapiapi. Juga panganan lainnya seperti Keripik Nenas khas Kampar, Peyek Ikan Lomek, Peyek Ikan Kertas, Keripik Nangka dan aneka manisan. Harganya berkisar antara Rp 15-35 ribu rupiah.

Tak hanya makanan khas Riau, makanan seperti keripik sanjai yang berasal dari Sumatera Barat pun bisa kita temui. Juga keripik bayam, keripik singkong dan berbagai panganan-panganan enak lainnya. Perkilonya rata-rata dijual Rp 60-80 ribu.

Juga ada rendang daging dan rendang paru yang perkilonya mencapai Rp 240 ribu. Yang menarik, di basement ini banyak sekali makanan impor yang didatangkan dari Malaysia, Singapura dan Tiongkok. Makanan ini beraneka ragam, mulai coklat, biskuit, susu dan lain sebagainya.

Berburu salah satu ikon kuliner Riau, yakni Bolu Kemojo juga bisa kita lakukan di Pasar Bawah. Tak hanya membeli, kita bisa langsung melihat proses pembuatannya.

Gerai Bolu Kemojo yang berada di basement Pasar Bawah ini dijual dalam 3 rasa, yakni rasa durian, jagung dan pandan. Rasa pandan bisa kita dapatkan dengan merogoh kocek Rp 15 ribu, sementara rasa durian dan jagung dijual lebih mahal yakni masing-masing Rp 18 ribu.(rio)

 



Tags:  -