Bulan Pusaka 2015, Sosialisasikan Pusaka Sambil Seru-Seruan

By Trip Riau  |  17 April 2015 22:00:57 WIB  |  News

20150417221705_Untitled.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Hai Tripers, ada yang tahu tanggal 18 April diperingati sebagai hari apa? Bila ada yang belum tahu, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pusaka Sedunia.

Untuk memperingati Hari Pusaka Sedunia ini, Yayasan Riau Heritage bekerjasama dengan Toko Buku Gramedia Jalan Sudirman, Pekanbaru mengadakan event Bulan Pusaka 2015 yang akan digelar selama satu bulan penuh dari tanggal 18 April hingga18 Mei 2015.

Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk mensosialisasikanapa saja pusaka-pusaka di Riau dan mengingatkan kembali pada masyarakat bahwa benda-benda pusaka tersebut harus kita jaga.

Masyarakat kita masih banyak yang salah mengartikan apa itu pusaka, apa itu cagar budaya. Banyak yang berfikir jika itu benda tua, maka itu adalah cagar budaya. Padahal cagar budaya adalah status hukum benda pusaka itu sendiri yang ditetapkan dalam syarat-syarat tertentu,’’ terang Dedi Ariandi, Ketua Pelaksana Bulan Pusaka 2015.

‘’Hal-hal seperti itulah yang ingin kita sosialisasikan kepada masyarakat, disamping kita juga akan menampilkan pusaka-pusaka dan kegiatan seperti membatik, menenun bahkan bermain permainan tradisional nantinya di Gramedia,sebut Dedi.

Event yang digelar selama sebulan ini dijamin tidak akan membosankan, karena pada tiap minggunya akan digelar kegiatan yang berbeda-beda.

Antara lain membatik, menenun, menekat dan pameran pengrajin layang-layang tradisional. Kegiatan yang digelar ini memungkinkan setiap pengunjung dapat berinteraksi dengan pengrajin. Bahkan, pengunjung bisa ikut melakukan kegiatan tersebut tanpa dipungut biaya apapun.

Di minggu pertama ini,akan ada hiburan seperti tari-tarian tradisional dan penampilan lainnya dari Sanggar Harmonia TIF UIN , Sanggar Balairung dan Komunitas Malam Puisi Pekanbaru.

Ada juga Bedah Buku Putri Minang Masak karya Afrizal Cik oleh Griven H. Putra. Ditambah band performance yang akan membawakan lagu-lagu Melayu.

Jadi, udah pada tahu mauhangout kemana, kan, Tripers?

Kapan lagi bisa membatik, menenun sampai bermain lompat tali dan setatak di Gramedia? Yuk, catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan untuk kegiatan yang membantu melestarikan budaya kita sambil seru-seruan ini.(wulan)

 



Tags:  -