Yuk, Jalan-jalan ke Rumah Tenun Encik Hasnah

By Trip Riau  |  22 April 2015 16:45:49 WIB  |  Wisata Riau

20150422165336_1421124431DSC_6338.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Hai Tripers, liburan tak hanya bisa diisi dengan menjelajah alam bebas atau pun mengunjungi pusat perbelanjaan. Kegiatan seperti wisata edukasi maupun mengenal warisan budaya juga menarik untuk dicoba.

Salah satu pilihannya adalah dengan berkunjung ke Rumah Tenun Encik Hasnah. Rumah tenun ini berada dipinggiran Sungai Siak, tepatnya di Jalan Tanjung Batu, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.

Kain tenun Siak yang dibuat Encik Hasnah (81), sang pemilik, terkenal akan kualitasnya yang tinggi dan sudah diakui banyak orang.

Tak hanya di dalam negeri, hasil tenun Encik Hasnah juga tersohor dan banyak diburu orang dari berbagai negara. Sudah lebih dari 70an motif tenun Siak dihasilkannya.

Workshop Encik Hasnah menempati sebuah rumah panggung kayu bergaya lama. Khas rumah orang-orang Melayu tempo dulu.

Di rumah ini terdapat tiga buah Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) untuk menenun. ATBM yang sudah tua ini merupakan peninggalan dari sang nenek.

Di rumah panggung ini kita bisa melihat seorang pekerja Encik Hasnah bernama Syarifudin (23) melakoni kegiatan menenun. Tiap hari dia berkutat dengan rumitnya membuat sehelai kain tenun.

Encik Hasnah, karena sudah tua dan sempat sakit sudah beberapa tahun terakhir tak lagi pernah menenun.

Encik Hasnah (81), tenunnya sudah tersohor dan banyak diburu orang dari berbagai negara. Sudah lebih dari 70an motif tenun Siak dihasilkannya. Foto: A. Ronny/tripriau.com

Sehari-harinya, Syarifudin mengerjakan pesanan kain tenun yang banyak datang dari berbagai daerah. Tangan-tangannya sangat terampil mengerjakan berbagai motif tenun Siak. Mulai dari motif pucuk rebung, siku keluang, siku awan, awan berarak dan lain sebagainya.(rio)



Tags:  -