Inilah 8 Air Terjun Paling Menarik di Riau

By Trip Riau  |  06 Mei 2015 15:01:00 WIB  |  Wisata Riau

Air Terjun Pangkalan Kapas. Foto: gemalahanafiah.wordpress.com

Siapa bilang Riau hanya memiliki minyak bumi dan sawit? Bumi Lancang Kuning ini juga memiliki destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah potensi Air terjun yang menawan dan tidak kalah dengan air terjun di daerah lain.  

Pemandangan indah serta suasana air terjun yang sejuk bisa merefresh otak setelah satu minggu berjibaku dengan pekerjaan. Apa dan dimana saja air terjun yang bisa ditemukan di Riau? Berikut ulasannya.

1. Air Terjun Pangkalan Kapas

Air Terjun Pangkalan Kapas merupakan air terjun tertinggi di Riau. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 150 meter. Lokasinya berada di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kampar. Tumpahan airnya menghujam langsung ke bawah tanpa menyentuh dinding tebing yang menjulang tinggi ke awan menjadi pemandangan yang spektakuler.

2. Air Terjun 86

Air terjun 86 terletak di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, dan termasuk dalam di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Dinamakan Air Terjun 86 karena berada di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera. Tingginya mencapai 50 meter dan dapat dicapai melalui perjalanan sejauh 14 Km melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau jeep.

3. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua, Kabupaten Rokan Hulu. Foto: bensap.blogspot.com

Air Terjun Aek Martua belokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Air terjun bertingkat ini sering pula disebut air terjun tangga seribu. Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Aek Martua diambil bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertua. Aek Martua juga merupakan nama sungai di mana air terjun ini berada.

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan jarak beberapa puluh meter saja. Ketinggiannya bervariasi mulai dengan ketinggian 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter. Air terjun pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan air terjun kedua memiliki kolam.

4. Air Terjun Empunawan

Air terjun ini berlokasi di Taman Nasional Bukit Tigapuluh Riau. Air Terjun Empunawan ini punya ketinggian sekitar 31 meter dan airnya jernih. Air terjun cantik ini dapat ditempuh selama 3 jam dari Desa Rantau Langsat, jaraknya sekitar 4,5 km. Berkunjung ke Taman Nasional Bukit Tigapuluh sambil menikmati air terjun eksotisnya, menarik bukan?

Seluas 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler adalah air terjun ketiga, dimana pengunjung yang mempunyai keahlian panjat tebing bisa mencoba keahliannya disana.

5. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai, Kabupaten Kuantan Singingi. Foto: A. Ronny/tripriau.com

Air Terjun Guruh Gemurai berada di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, perbatasan Sumbar-Riau. Nama Guruh Gemurai diambil dari bahasa daerah setempat, dimana Guruh berarti Gemuruh sedangkan Gemurai adalah percikan air yang berserakan.

Jadi air terjun Guruh Gemurai berarti air terjun yang bunyi percikan atau curahannya bergemuruh. Air terjun ini memiliki dua curahan air, dengan curahan pertama mempunyai ketinggian hampir 20 meter. Selain itu pengunjung juga bisa mandi di dasar air terjun karena terdapat kolam penampungan yang bisa digunakan untuk mandi.

6. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Air Terjun yang satu ini berada di Kabupaten Kuantan Singingi dan selalu ramai dikunjungi saat acara mandi Balimau yang digelar sehari menjelang bulan Ramadhan.

Diberi nama Tujuh Tingkat Batang Koban karena air jatuh dari tebing yang bertingkat 7 dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya, untuk air terjun tingkat pertama dan keempat mencapai ketinggian antara 5-15 meter. Bahkan pada tingkat keenam mencapai ketinggian sekitar 30 meter lebih.

7. Air Terjun Batu Dinding

Satu lagi air terjun cantik di Kab. Kampar tepatnya berada di areal objek wisata batu dinding. Terdapat 3 atraksi alam yang tersedia di objek wisata ini yaitu 2 air terjun dan 1 air selancar. Butuh perjuangan untuk sampai di air terjun ini karena berada di tengah Hutan Desa Tanjung Belit.

8. Air Terjun Alahan

Air terjun yang satu ini berada di hulu sungai Kampar. Keindahan alam dan kesegaran udaranya menjadi salah satu daya tarik air terjun ini. Ketinggian air terjun ini mencapai 10 sampai 15 meter. Aneka flora dengan warna hijau khasnya akan memanjakan mata pengunjung dan memberi kesan kesejukan.


Penulis: Wiwik Setiawati

Aktif sebagai blogger

Bisa dikunjungi di infoyunik.blogspot.com



Tags:  -