Rumah Creativa, Ciptakan Produk Kreatif

By Trip Riau  |  12 Mei 2015 15:31:37 WIB  |  Business

Rumah Creativa.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Bisnis kreatif memang tidak akan pernah ada matinya. Bisnis yang mengandalkan ide dan kreatifitas ini akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Peluang inilah yang ditangkap dengan jeli oleh Yogie Pratama dengan membuka usaha yang diberinya nama Rumah Creativa. Rumah Creativa meluncurkan sebuah main product yang disebut scrapframe.

Ide usaha ini berawal saat Yogie menjalankan usaha jasa fotografi. Melihat pendapatan dari usaha ini tidak tetap alias bergantung pada orderan, dia mulai berfikir menciptakan sebuah produk yang pendapatannya harian. Tujuannya membuat karya yang unik, custom dan tidak ada di pasaran.

‘’Kita coba kerucutin lagi. Kan banyak itu jenisnya. Kita ambillah yang temanya kado. Jadi jual kado unik. Karena banyak momen orang membutuhkan kado. Uda dapat tipe kadonya, lantas apa yang membuat orang minat dengan produk kita. Scrapframe itu kan sebenarnya istilah kita saja,’’ kata Yogie.

Scrapframe ini sendiri merupakan produk kreatif berupa gift unik berbentuk frame untuk kado ulang tahun, anniversary, wedding maupun acara-acara corporate. Produk scrapframe ini mendapatkan sambutan baik dari pasar. Bahkan produknya sudah sampai ke Sulawesi.

Scrapeframe produk kreatif berupa gift unik untuk kado ulang tahun, anniversary, wedding maupun corporate. Foto: Rumah Crativa for tripriau.com

 

Produknya yang terbilang langka ini ternyata menjadi berkah dan keuntungan sendiri bagi Yogie. Dia menuturkan, semakin susah pengerjaan sebuah produk, semakin semakin besar peluangnya untuk dijual.

Ke depan, jika produk scrapframe-nya ini mengalami penurunan penjualan, dia sudah bersiap untuk meluncurkan produk baru yang lebih fresh. ‘’Itu strategi kita,’’ cetusnya.

Soal target usaha, dalam 1 tahun ke depan dia berharap usahanya bisa menguasai pasar nasional. Setelah itu baru go Internasional. Hal itu menurutnya sangat terbuka lebar dengan dukungan teknologi yang saat ini terus berkembang.

Caranya dengan memanfaatkan digital marketing. ‘’Kita bisa memanfaatkan media sosial. Ilmu marketing online juga harus dikuasai,’’ katanya kepada tripriau.com, di galerinyaJalan Pattimura, Gobah.

Marketing online ini juga yang sekarang coba dimanfaatkannya. Dia aktif di media berbagai foto seperti instagram, line dan Blackberry Messenger.

Setiap hasil karya Rumah Creativa diunggah di media-media sosial itu. Pemesanan dan order pun didominasi dari media sosial. Sehingga pelanggan bisa menjalin komunikasi cukup dari media sosial tanpa harus susah payah datang ke galerinya.(rio)

 



Tags:  -