Produk Paling Sering Dibeli Secara Online di Pekanbaru

By Trip Riau  |  16 Mei 2015 11:38:01 WIB  |  News

20150516115248_DSC_2636_01.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Pembelanja online di Kota Pekanbaru, sebagai kota terbesar ketiga di kepulauan Sumatera setelah Palembang dan Medan, paling tertarik dengan produk fesyen, termasuk pakaian, sepatu, jam tangan, dan tas.

Pola tersebut juga terlihat pada pembelanja di tempat lain di Indonesia, dan begitu juga secara global di mana pakaian merupakan salah satu dari produk yang paling sering dibeli secara online. Selain itu, ketika ditanya mengapa membeli pakaian secara online, mayoritas konsumen mengatakan barang yang trendi sebagai alasan utama. Alasan kedua adalah karena barang-barang yang ditawarkan secara online relatif lebih murah.

Sebuah studi yang baru saja dilakukan MarkPlus Insight di KataAnda.com juga menyatakan bahwa mayoritas pembelanja produk fesyen seperti pakaian, tas, sepatu dan lainnya, paling sering menggunakan internet untuk membandingkan harga, baik itu di berbagai situs onlinemaupun di kanal offline.

Apa gerangan yang membuat belanja pakaian online demikian menarik? Salah satu penyebabnya kemungkinan terkait dengan diskon dan penawaran promosi yang diumumkan di gerai-gerai e-Commerce. Daya tarik dan kepuasan yang didapatkan melalui berbelanja kian bertambah saat pembelanja mempercayai bahwa mereka telah mendapatkan penawaran yang bagus – produk bagus dengan harga yang murah.

Hal ini mengukuhkan penelitian dari Institut Teknologi Massachusetts pada perilaku psikologis pembelanja yang membeli pakaian. Scott Rick, Asisten Professor Pemasaran di University of Michigan dan salah satu penulis pada penelitian tersebut, mengatakan, “Tampaknya, response (pembelanja) tidak hanya pada harga saja, ataupun sejauh mana saya menyukainya, tapi juga perbandingan antara keduanya: sejauh mana saya menyukainya dibandingkan harga yang anda kenakan untuk produk tersebut.” Hal ini menjadi acuan bagi peritel online bahwa konsumen akan menanggapi secara positif, bahkan melebihi apapun juga, penawaran yang menarik.

Di kota Pekanbaru, industri e-Commerce lokal sedang berkembang, juga berkat perkembangan para wirausahawan, yang menyadari bahwa lebih mudah bagi mereka mendirikan usaha online daripada mendirikan suatu toko secara fisik. Para murid universitas tidak saja sedang mengkaji produk fesyen, tetapi juga terlibat langsung dengan usaha cateringmelalui hidangan kuliner kreatif yang tersedia untuk dipesan secara online. (marketeers.com)



Tags:  -