42 Situs Kebudayaan Pekanbaru Diusulkan untuk Dipatenkan

By Trip Riau  |  28 Mei 2015 10:56:55 WIB  |  News

20150528104207_Marhum Pekan.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru akan mendaftarkan sebanyak 42 situs budaya di Kota Pekanbaru. Tujuannya sebagai salah satu upaya pelestarian kebudayaan melayu di Kota Pekanbaru.

"Jika tidak segera dilakukan penyelamatan dikhawatirkan situs-situs ini akan hilang. Jadi harus ada upaya dari kita untuk mencegahnya karena ini semua peninggalan budaya yang sangat berharga,"  sebut Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Zulkarnain, Rabu (27/5/2015).

Zul menjelaskan, sejauh ini Disbudpar Kota Pekanbaru telah melakukan pendataan dan mempelajarinya. Langkah berikutnya adalah mendaftarkan situs ini ke Kementrian Pariwisata.

Situs yang dimaksud antara lain adalah Komplek Makam Mahrum Pekan pendiri  Pekanbaru, Tapak Awal  dan Suumur Tua Masjid Nur Alam yang dibangun pada abad ke-18, Mimbar Masjid Raya Pekanbaru yang dibuat tahun 1892, Pemukiman Batin Senapelan, dan Tapak Klenteng Cingwa Cingwi.

Diakuinya, di antara beberapa situs tersebut ada yang sudah tidak terurus, namun beberapa lagi masih dalam kondisi asli dan baik. Untuk itu,  Disbudpar Kota Pekanbaru menganggap prioritas pendaftaran situs budaya ini.

Selain sebagai menjaga budaya melayu, keseluruhan situs ini nantinya juga berpotensi menjadi objek wisata budaya di Kota Pekanbaru. Sebagaimana diketahui Pekanbaru berambisi menjadi pusat wisata budaya melayu.(rio)

Sumber: Riaupos.co



Tags:  -