Ini Tantangan Dunia Pariwisata Menghadapi MEA Mendatang

By Trip Riau  |  29 Mei 2015 21:58:08 WIB  |  News

20150529220752_Himapar.jpg

Pekanbaru, tripriau.comSektor pariwisata menghadapi tantangan yang besar, terutama menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang akan resmi diberlakukan mulai 31 Desember 2015 mendatang.

 

Salah satu tantangannya terkait sumber daya manusia, yakni dalam upaya menghasilkan pekerja-pekerja pariwisata yang berkompeten.

Ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Riau, Osvian Putra mengatakan kompetensi kerja di bidang pariwisata sangat penting artinya bagi kemajuan industri pariwisata.

‘’Untuk itu, pemerintah sudah mensertifikasi 58 ribu pekerja wisata. Ke depan, industri pariwisata butuh kompetensi untuk menjamin mutu pekerjaan,’’ sebutnya.

Osvian menyampaikan pandangan itu saat menjadi narasumber pada Seminar Nasional Kepariwisataan dengan tema ‘’Importance of Human Resource Development for Tourism Industry in Asean Economic Community (AEC) 2015’’, Jumat (29/5), di Gedung Rektorat Universitas Riau.

Narasumber lainnya, Pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Belly Nasution Sip MSi menyebut, kehadiran MEA merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. ‘’Siap tidak siap, kita harus siap,’’ tegasnya.

Dia menyebut, pendidikan formal seperti kampus punya tanggung jawab untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam sektor wisata.

‘’Universitas Riau, sudah saatnya mengalokasikan anggaran yang besar untuk pembangunan, misal laboratorium, sumber daya manusia, dan tenaga pengajar. Kalau tidak, akan sulit untuk mengimbangi,’’ katanya.

Belly menambahkan, kurikulum (di kampus) harus diimbangi dengan kreatifitas dan ide-ide kreatif. ‘’Kita lihat peluang,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pelalawan, H. Zulkifli memandang, konektivitas antar daerah sangat penting untuk menjawab tantangan ke depan.

‘’Kita lihat, negara Eropa itu sudah konek semua, kecuali UK. Jalan mulus,’’ katanya.

Seminar nasional ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pariwisata, FISIP, Universitas Riau dalam rangka Musyawarah Wilayah I Sumatera Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia 2015, yang digelar Jumat-Minggu (29-30/5) di Pekanbaru.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas/sekolah tinggi/akademi pariwisata yang berada di regional Sumatera.(rio)



Tags:  -