Industri e-commerce Harus Mampu Sasar UKM

By Trip Riau  |  06 Juni 2015 15:32:15 WIB  |  Business

20150606153646_E-Commerce.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Tren e-commerce atau belanja dalam jaringan (daring) di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Kehadiran Usaha Kecil Menengah (UKM) diharapkan dapat menjadi tumpuan bagi perkembangan e-commerce di tahun-tahun mendatang.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi menyebut, nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp 130 triliun. Ini merupakan angka fantastis, karena berdasarkan data McKinsey hanya sekitar 7 persen pengguna internet Indonesia yang pernah belanja online.

Ke depan, usaha e-commerce harus mampu menyasar para pelaku UKM. Caranya, dengan mempermudah perizinan untuk membuka usaha e-commerce. Selain itu, industri e-commerce Indonesia akan sulit berkembang jika tidak didukung oleh UKM yang berkualitas.

Saat ini, ada sekitar 55 juta UKM di Indonesia. Kalau saja, tiga tahun ke depan, 10% di antaranya sudah masuk e-commerce, itu sudah sangat bagus bagi perekonomian Indonesia,” kata Menkominfo Rudiantara, seperti dikutip dari marketeers.com.  

Tantangan saat ini adalah UKM harus mau berjualan secara online dan menerima bahwa dunia sudah berubah dimana akses untuk mendapatkan barang jauh lebih mudah. Sementara UKM ke depannya mesti berkualitas, memanfaatkan layanan internet, mempunyai layanan bagus dan bisa lebih profesional dibanding sekarang.(rio)

 



Tags:  -