Menuju Kota MICE, Pekanbaru Mesti Tingkatkan Kualitas

By Trip Riau  |  07 Juni 2015 21:43:53 WIB  |  News

20150607215726_Grand Central Hotel P.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Pekanbaru kini tengah bersiap menuju Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Namun, tantangannya tak mudah. Guna meningkatkan daya saing, kota ini wajib berbenah, menyiapkan diri serta memperbaiki kualitas dan layanan.

Industri MICE saat ini memang sedang bertumbuh. Kontribusi dari salah satu sektor industri kreatif ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian serta mengangkat potensi daerah.

Walikota Pekanbaru H Firdaus MT mengatakan, Pekanbaru memiliki tiga modal utama untuk menjadi Kota MICE. Antara lain letak geografis yang strategis, sumber daya manusia yang mencukupi dan luas wilayah yang memadai.

Untuk menuju Kota MICE, Firdaus menyebut Pekanbaru telah siap mulai dari penginapan dan perhotelan yang memadai, hingga sumber daya manusia untuk pelayanan wisatawan dan transportasi yang lebih dari cukup.

Terkait kualitas, Direktur Pemasaran Wisata Minat Khusus dan MICE Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani mengatakan, industri MICE dalam negeri diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas produk maupun SDM yang tersedia. ‘’Ini sangat penting dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)," ujar Rizki Handayani, seperti dilansir kompas.com.

Rizki mengharapkan pelaku bisnis MICE, khususnya di daerah bisa lebih meningkatkan kualitasnya. Pasalnya saat MEA diterapkan akan banyak pemain MICE luar akan bebas masuk ke Indonesia.

"Kegiatan MICE, multiplier efeknya sangat luas, seperti bidang manufaktur dan sektor jasa lainnya ikut terserap. Tidak hanya itu, kegiatan MICE juga berpeluang untuk mendatangkan investor ke dalam negeri," jelas Rizki Handayani.(rio)

 



Tags:  -