Enam Tips Menggaet Pasar Wanita di Industri e-commerce

By Trip Riau  |  10 Juni 2015 17:28:00 WIB  |  Business

20150610173500_ecommerce.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Wanita menjadi pasar potensial bagi industri e-commerce di Indonesia. Di tengah meningkatnya industri di ranah ini bagaimana cara pelaku e-commerce mencuri perhatian kaum hawa?

Dikutip dari techinasia.com, Chief Marketing Office Luxola, Adrien Barthel, berbagi tipsnya. Menurutnya, ada enam tips yang bisa diterapkan pelaku e-commerce lokal untuk menggaet pasar wanita:

1. Spesifikasi produk yang jelas

Menurut Adrien, 67 persen wanita cenderung online untuk melihat spesifikasi produk. “Wanita memiliki kecenderungan untuk mengetahui banyak hal, bahkan semua hal. Karenanya spesifikasi produk menjadi sangat penting,” jelasnya. Ia mencontohkan di Luxola, mereka membuat majalah digital yang berisi artikel dan video bertema kecantikan fashion dan tren terkini. “Ada juga panduan dan wawancara dengan influencer dan pemilik brand kecantikan,” tambahnya.

Adrien menambahkan, setelah melihat spesifikasi produk, wanita akan cenderung mencari review dari produk tersebut. “Biasanya review produk dibuat oleh pengguna lain yang sudah memakai produknya terlebih dahulu,” katanya. Review semacam ini menurutnya akan memancing lebih banyak interaksi antar konsumen dan memberikan input bagi pemilik merek.

2. Konten video menarik

Fakta menarik kedua adalah 55 persen wanita yang gemar berbelanja produk kecantikan akan melihat video untuk mencari informasi umum dari sebuah produk. Adrien menambahkan, penggunaan gambar bergerak tidak hanya sekadar menjadi medium promosi yang menarik untuk menjaring pelanggan. “Anda bisa menghadirkan influencer, produk pilihan, dan tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan perpaduan sejumlah merek dalam satu video,” jelasnya.

3. Pilihan produk beragam

Hal lain yang dipercaya bisa menarik perhatian wanita dalam berbelanja produk kecantikan adalah pilihan produk. “Survei yang kami lakukan membuktikan bila 65 persen wanita cenderung berbelanja produk dengan merek favorit mereka,” ujar Adrien. Ia menambahkan, semakin lengkap produk pilihan yang disediakan sebuah toko online, maka akan semakin banyak potensi konsumen yang didapat.

4. Orisinalitas produk

Adrien mengatakan bahwa menurut hasil survei mereka, 100 persen wanita mementingkan kualitas produk. Sertifikasi dari lembaga pemerintahan setempat seperti Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan kerjasama langsung dengan pemilik merek atau distributor resmi menjadi faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan pasar.

5. Kenyamanan berbelanja

Hampir semua orang menginginkan kemudahan untuk berbelanja online. Adrien menuturkan ada tiga faktor yang akan mempermudah kenyamanan berbelanja online. Pertama adalah platform e-commerce yang dimiliki. Kedua adalah kemudahan dalam menggunakan layanan serta pengalaman berbelanja online melalui perangkat mobile. Ketiga adalah seberapa cepat barang diterima konsumen. “Di Luxola, paling lama barang diterima dalam waktu lima hari untuk daerah di luar Jabodetabek,” papar Adrien.

6. Berikan banyak kejutan

Tips terakhir untuk memikat pasar wanita agar terus berbelanja di toko online Anda menurut Adrien adalah memberikan banyak kejutan. “Wanita Indonesia itu suka dengan penawaran menarik,” ujarnya. Opsi lain yang tidak kalah memikat perhatian adalah dengan memberikan produk gratis. “Tidak ada salahnya memberikan sample produk lain di transaksi tertentu. Memberikan voucher atau bingkisan kecil juga membuat konsumen merasa dihargai.(rio)

 



Tags:  -