Hasilkan Produk Unik dari Koran Bekas

By Trip Riau  |  11 Juni 2015 12:04:21 WIB  |  News

20150611113906_DSC_6098.JPG

Pekanbaru, tripriau.com – Koran bekas yang biasanya berserakan dan tak terpakai berhasil diubah menjadi produk unik yang memiliki fungsi dan nilai tambah.

Inilah yang dilakukan para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru dalam waktu setahun terakhir. Bermodal keterampilan dan keahlian yang dimiliki kertas koran bekas ini mereka sulap menjadi berbagai produk.

Diantara produk-produk yang sudah dihasilkan antara lain tempat tisu, berbagai miniatur seperti sampan, pesawat, motor, ayunan, pas bunga, pot bunga, keranjang buah dan meja. Juga ada berbagai produk dari bahan lainnya seperti sendal, alas meja, aksesoris, sarung handphone dan tas laptop.

Beberapa waktu lalu, produk-produk karya siswa sekolah yang berlamat di Jalan Bandeng, Pekanbaru ini ikut dipamerkan disebuah gelaran di Pustaka Wilayah Soeman HS Pekanbaru. Aneka produk yang ditampilkan berhasil menarik perhatian pengunjung yang datang.

Sebagai sekolah Adiwiyata, yakni sekolah yang berbasis dan peduli terhadap lingkungan Tingkat Nasional, MAN 1 Pekanbaru sudah melakukan aksi nyata dengan mengubah barang bekas menjadi produk-produk kreatif yang bermanfaat.

Kepala Sekolah MAN I Pekanbaru Hj Hayatirruh M Ed mengatakan, para siswa menciptakan produk recycle.

Proses  pembuatan produk-produk unik berbahan dasar koran bekas. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

‘’Kita memanfaatkan bahan-bahan yang terbuang. Dilakukan sesuatu akhirnya bisa dimanfaatkan kembali. Berawal dari sekolah kami yang peduli dengan lingkungan. Mulanya dari situ. Cinta lingkungan itu bukan hanya menjaga lingkungan jadi bersih tapi juga barang-barang yang tadinya tidak berfungsi sekarang difungsikan. Jadi tidak menjadi sampah,’’ sebutnya.

Dengan fokus pada produk yang menggunakan bahas koran bekas, Hayatirruh berharap produk yang dihasilkan siswanya bisa menjadi ikon sekolah. ‘’Tujuan kita, sampai produk ini bisa dipasarkan. Kalau sekarang dipasarkan beberapa produk saja,’’ katanya.(rio)



Tags:  -