Target 20 Juta Wisatawan, Kemenpar Gencarkan Branding

By Trip Riau  |  12 Juni 2015 22:01:39 WIB  |  News

20150612221308_Pantai-Surfing-Bali-Indonesia.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan tahun 2020 mendatang. Bali, Batam dan Jakarta merupakan tiga pintu utama masuknya wisatawan mancanegara ke tanah air.

Seperti dilansir nationalgeographic.co.id branding atau membentuk citra wisata ke negara-negara asal wisatawan mancanegara. Ada lima negara yang banyak mendatangkan wisatawan: Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok dan Jepang.

"Ini top five. Kita harus promosi ke sana. Kita sudah coba promosi ke Tiongkok untuk tujuan Bali, dan di Singapura untuk tujuan Batam," papar Menteri Pariwisata Arief Yahya 

Untuk negara-negara lain, di luar lima negara tersebut, Arief menyatakan, dalam jangka panjang juga akan menjadi target branding. Menteri Arief mengakui Indonesia masih kalah branding dengan negara pesaing terdekat.

"Karena selama ini yang kita lakukan adalah selling, seperti pameran-pameran. Impact selling hanya sekitar 20 persen. Indonesia belum banyak dikenal karena belum branding." 

Lantas apa makna di balik brand Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia?
Citra itu berupa bergambar burung yang dibentuk dari untaian lima warna: hijau, ungu, jingga, biru dan magenta. Warna hijau bermakna: kreativitas, ramah pada alam dan keselarasan; Ungu: daya imajinasi, keimanan, kesatuan lahir dan batin; jingga: inovasi, semangat pembaruan dan keterbukaan. 

Sementara warna biru berarti kesemestaan, kedamaian, dan keteguhan; magenta mewakili keseimbangan, akal sehat dan sifat praktis. 

Citra burung mewakili karakter suka berkelompok, yang melambangkan hidup damai. Burung juga menjadi lambang negara Indonesia. Rentangan sayapnya berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintasi batas. 

Sedangkan tulisan 'Indonesia' yang berwarna hitam dan lebih besar dari 'Pesona' atau 'Wonderful' berarti mengedepankan dan memperkuat Indonesia dalam persaingan wisata dunia. Kata 'Pesona' atau 'Wonderful' memuat janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, baik manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru.(rio)



Tags:  -