Es Kuwut, Degan Bali yang Cocok untuk Buka Puasa

By Trip Riau  |  16 Juni 2015 11:34:11 WIB  |  Culinary

20150616114009_DSC_6455.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Ramadhan segera tiba. Selain suka-cita, momen istimewa bagi kaum muslim ini biasanya juga akan disambut dengan aneka sajian untuk berbuka puasa. Baik makanan maupun minuman.

Untuk menghilangkan dahaga selama berpuasa, berbagai pilihan minuman biasanya menjadi buruan. Bisa membuat sendiri di rumah maupun membeli di pasar-pasar Ramadhan yang biasa marak saat bulan suci ini tiba. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan mencoba kesegaran Es Kuwut atau degan Bali.

Es Kuwut ini adalah es kelapa muda yang dicampur gula murni serta tambahan selasih dan serutan mentimun. Rasanya sangat segar. Sangat pas untuk hidangan berbuka. Degan alias daging kelapa yang lembut dengan tekstur yang kenyal begitu pas dimulut.

Kombinasi selasih dan serutan mentimun juga menambah kesan segar dari minuman ini. Minuman ini disajikan dalam wadah berupa batok kelapa. Sehingga, menambah kesan tradisional saat meneguk minuman dingin ini.

Selain pelepas dahaga, air kelapa segar tentunya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya sebagai pencegah dehidrasi dan pengganti ion tubuh. Cocok saat menjalankan ibadah puasa.

Es Kuwut ini bisa ditemukan di Bakso Malang Cak Cus yang berlokasi di Jalan HR Soebrantas, Panam. Persisnya di depan Kampus Akademi Perbankan Riau (AKBAR). Harganya sangat murah, cuma Rp 6000.(Sinta)

 



Tags:  -