Menuju 20 Juta Wisatawan Tahun 2019

By Trip Riau  |  26 Juni 2015 22:43:13 WIB  |  News

20150421112428_DSC_0145.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata terus melakukan upaya untuk mencapai target 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang.

Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep GREAT, yang mengintegrasikan infrastruktur, aksesibilitas, dan perhotelan untuk mengoptimalkan nilai ekonomi.

Saat ini ada sembilan GREAT. Antara lain, Batam, Sumatra, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku-Papua. Dari sembilan GREAT ini, ada tiga jalur masuk wisatawan yang terbesar, yakni Bali; 41 persen, Jakarta; 27 persen dan Batam; 22 persen.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, strategi pemasaran pariwisata Indonesia memakai konsep BAS, yakni Branding, Advertising, dan Selling.

‘’Dalam branding, dengan ikon Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia, kita memakai media yang cakupannya lebih luas dengan converged media,’’ sebutnya, seperti dikutip dari National Geographic Traveller.

Ada tiga media yang digunakan yang disebut dengan POS, yakni Paid Media, Owned Media, dan Social Media.

‘’Yang ownedmedia adalah media dan website kita sendiri. Selama ini masih lemah, dan harus diperkuat. Kita memakai social media, karena sederhana saja, komunikasi sekarang lebih bersifat horizontal. Di Tiongkok, kita ajak orang-orang yang punya volume besar di media sosial. Kita undang mereka ke Indonesia, lalu akan berpromosi di negaranya,’’ katanya.(rio)

 



Tags:  -