Berburu ketupat di Kampung Baru

By Trip Riau  |  08 Juli 2015 23:56:49 WIB  |  City Guide

20150709000049_Penjual Ketupat, Foto Abdul Ronny.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Momen lebaran idul fitri segera tiba. Sudah menjadi tradisi di tanah air, hari kemenangan ini juga disambut dengan beragam menu atau hidangan khas saban tahun. Salah satunya ketupat.  

Ketupat memang identik dengan Idul Fitri. Menu satu ini biasanya disajikan bersama lontong sayur, sate hingga opor ayam.

Nah, di Pekanbaru Anda juga bisa berburu ketupat untuk keperluan lebaran nanti. Salah satunya di kawasan Senapelan, tepatnya di Jalan Meranti, Kampung Baru yang berada persis di tepian Sungai Siak.

Di kawasan ini, beberapa penduduk setempat memanfaatkan momen lebaran untuk membuat ketupat sebagai usaha sampingan.

Bedanya, ketupat di sini tidak menggunakan daun kelapa sebagai bahan baku. Tapi daun Kapau. Daun Kapau ini diambil dari hutan-hutan yang berada di Minas, Tapung hingga Perawang.

Samsu Pohan (52), salah satu penjual ketupat di sini mengatakan, dibanding ketupat dari daun kelapa, ketupat daun atau pucuk Kapau ini lebih tahan lama.

"Kalau tidak habis tahun ini, masih bisa digunakan tahun depan. Daunnya tahan lama," kata Samsu yang sudah 10 tahun berjualan ketupat di Jalan Meranti ini.

Untuk satu ikat berisi 100 buah ketupat dijual Rp 35 ribu.

Tahun ini, Samsu bersama istrinya membuat sebanyak 15 ribu ketupat. Sementara tahun lalu, pasangan ini membuat 22 ribu ketupat dan semuanya ludes terjual di H-3 lebaran.

''Tahun ini sepertinya agak susah. Kami buat 15 ribu (ketupat) belum terjual semua. Ramadhan masih tersisa 8 hari. Mudah-mudahan bisa habis," katanya berharap. (rio)



Tags:  -