Melihat Sentra Kue lebaran di Cokroaminoto

By Trip Riau  |  11 Juli 2015 22:16:20 WIB  |  City Guide

20150711220748_Sentra Kue Lebaran.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Lebih kurang sepekan menjelang lebaran, Jalan HOS Cokroaminoto, yang berada persis di sisi kiri pusat perbelanjaan Ramayana Sudirman, Pekanbaru, terlihat makin sibuk. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ruas jalan ini juga dijadikan semacam sentra aneka kue lebaran. Banyak pedagang musiman memilih berjualan di sini. Mereka mendirikan lapak-lapak jualan dengan atap dari terpal. 

Aneka kue lebaran di dalam toples-toples besar berjejer rapi di tempat ini. Pembeli tinggal memilih kue favorit yang akan disajikan kepada para tamu di hari nan fitri nanti. 

Aneka kue lebaran yang dijual di sini termasuk lengkap. Mulai dari kue kering, aneka keripik hingga beragam jenis kacang-kacangan. Mulai dari kacang arab, kacang kacang ijo tepung, kacang bogor, kacang ijo, hingga kacang mete. 

Tak hanya berasal dari dalam kota, kue-kue di sini sebagiannya juga berasal dari Medan, Jakarta hingga luar negeri seperti Thailand dan Malaysia. 

Meski sudah mulai meningkat, volume penjualan kue lebaran tahun ini sedikit menurun dibanding tahun lalu. 

"Dibanding tahun lalu agak kurang tahun ini. Mungkin karena bertepatan dengan tahun ajaran baru. Jadi orang lebih mendahulukan sekolah anaknya," kata Intan, salah satu pedagang kue lebaran di Jalan Cokroaminoto ini. 

Intan termasuk pedagang musiman di tempat ini. Dia kerap jualan sesuai dengan momen-momen tertentu. Mendekati hari kemerdekaan 17 Agustus nanti, dia biasanya berjualan bendera. 

"Kadang juga jualan buah. Sekarang karena mau lebaran, ya, jualan kue," katanya kepada tripriau.com

Di lapaknya yang berukuran 3X3 meter, dagangan perempuan berjilbab ini termasuk lengkap. Mulai dari kue kering, keripik, manisan,hingga kacang-kacangan bisa ditemui di lapak miliknya. 

Namun, menurutnya, kue Ararut menjadi kue paling laris ditempatnya. Sejenis kue kering ini memang cukup populer di tiap momen lebaran. 

Perkilonya, kue ini dipatok dengan harga Rp 90 ribu.

Jejeran lapak yang menjual aneka kue lebaran di Jl. Cokroaminoto, Pekanbaru. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

"Itu memang kue yang paling banyak peminatnya. Lumayan mahal, tapi dapatnya banyak. (Kue) Nastar juga banyak dicari," katanya.  

Intan menambahkan, rata-rata kue di tempatnya di jual mulai dari Rp 45 ribu sampai Rp 90 ribu perkilonya.

Bila kue-kue ini tak habis menjelang lebaran nanti, Intan dan pedagang-pedagang lainnya biasanya akan mengobral dagangannya. 

"Kalau tak habis, kita obral di malam takbiran," katanya lagi.(rio)



Tags:  -