Mudik Sambil Traveling? Kenapa Tidak

By Trip Riau  |  12 Juli 2015 21:29:22 WIB  |  News

20150712214141_Persiapan-Mudik-Lebaran.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Mudik tak hanya dimanfaatkan untuk silaturahmi dan saling bermaaf-maafan dengan keluarga di kampung halaman.

Biar makin seru dan tak membosankan, tidak ada salahnya memanfaatkan momen nan fitri ini untuk melakukan kegiatan traveling.

Selain lebih santai, mudik sambil traveling juga bisa menambah pengalaman libur lebaran kalian.

Lantas, bagaimana caranya agar momen mudik lebaran juga bisa dilakukan sambil traveling?. Ini tipsnya:

1. Rencanakan mudik lebaran dengan baik

Pointnya adalah, rencanakan dengan baik mudik lebaran kalian. Misalnya, cari destinasi apa saja yang ingin kalian kunjungi selama perjalanan. Anggap saja mudik kali ini adalah road trip jarak jauh dengan menggunakan mobil.

Misalnya bisa dengan membaca aneka tips keren traveling dan road trip dengan mobil. Lakukan perjalanan dengan santai selama beberapa hari, dan jangan tergesa – gesa, nikmati saja perjalanan yang ada.

2. Cobalah Rute Yang Tidak Umum, Dan Mungkin Yang Belum Pernah Kalian Lewati

Biasanya ada banyak rute alternatif untuk mudik kan? Jangan melewati jalur yang itu – itu saja biar enggak bosan di jalanan.

Tentunya sebelum melewati rute yang tidak umum itu, persiapkan dengan baik perjalanan kalian. Seperti membawa GPS, ban cadangan, hingga mungkin bahan bakar cadangan. Anggap saja mudik kali ini sekalian sedikit bertualang. Biar seru!

3. Berburu Kuliner

Kampung halaman, biasanya adalah surga bagi kuliner-kuliner unik dengan cita rasa yang istimewa.

Di Riau misalnya, masing-masing daerah memiliki kuliner-kuliner khas yang tidak dijumpai di daerah lain. Banyak dari makanan-makanan khas ini hanya bisa ditemui saat momen lebaran. Nah, sayang kan kalau tidak mencicipi kuliner-kuliner ini.

Bolu Kemojo, kuliner khas Riau. Foto: Wan Akhwan/tripriau.com

4. Siapkan Gadget, Kamera Dan Abadikan Moment Mudik Kalian!

Traveling tanpa mengabadikan pengalamannya tentu kurang lengkap bukan. Siapkan kamera setiap saat untuk menjepret moment terbaik yang bisa muncul kapan saja.
Dan untuk kalian yang suka berbagi ke social media yang fokus ke grafis seperti Path, Pinterest atau Instagram, kalian bisa berbagi dengan teman – teman kalian di dunia maya.
Siapkan gadget dan kamera untuk mengabadikan moment lebaran. Ilustrasi: Dok.

5. Jelajahi Destinasi Wisata Di Kampung Halaman Kalian

Mungkin bersilaturahmi dengan keluarga adalah momen yang paling menyenangkan. Namun akan lebih menyenangkan lagi kalau kalian juga menjelajah destinasi yang ada di kampung halaman kalian. Entah itu pantai, gunung, danau ataupun museum.
Hanya saja, cari informasi dulu, mana destinasi yang bakalan penuh sesak dan mana yang menyenangkan untuk liburan bersama keluarga.

6. Berbagi Adalah Kegiatan Yang Paling Menyenangkan, Abadikan Kegiatan Mudik Kalian Dengan Foto Juga Tulisan

Itulah kenapa setiap traveler sebisa mungkin punya travel blog. Selain bisa mudah berbagi dengan yang lainnya, cerita perjalanan kalian juga akan terkenang dalam jangka waktu yang lama.

Momen mudik kalian yang menyenangkan juga tidak hanya berakhir di hardisk, lalu menghilang entah kemana. Siapa tahu juga moment mudik kalian akan bermanfaat buat yang lain nanti.

Nah, bagaimana? Sekarang sudah tahu kan bagaimana mudik kalian menjadi lebih menyenangkan? Selamat mudik, selamat traveling, dan selamat berkumpul dengan keluarga.(rio/int)



Tags:  -