Melihat Tradisi Lampu colok di Pekanbaru

By Trip Riau  |  14 Juli 2015 02:51:05 WIB  |  Wisata Riau

20150904154110_Lampu Colok 2.JPG

Pekanbaru, tripriau.com - Ribuan lampu yang terbuat dari botol bekas yang diberi sumbu dan minyak tanah membuat Lapangan Politeknik Caltex Riau (PCR) yang berada di Kecamatan Rumbai menjadi semarak.

Ribuan lampu ini dipasang pada rangka kayu yang sudah didesain dengan beragam bentuk. Mulai dari desain yang menyerupai mesjid hingga perahu layar.
Ketika semua lampu berhasil dinyalakan, motifnya akan terlihat indah menyerupai desain dari rangka kayunya.

Inilah Festival Lampu Colok yang sudah menjadi tradisi tahunan di Pekanbaru. Festival ini biasa digelar tiap malam 27 Ramadhan.

Tahun ini Festival Lampu Colok ini dipusatkan di Lapangan Politeknik Caltex Riau (PCR), Rumbai, Senin (13/7).

Festival Lampu Colok pada tahun ini diikuti oleh 7 stand.

Diantaranya Pemko Pekanbaru dan Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru yang menampilkan motif mesjid, Kelurahan Rumbai Bukit dengan motif Pohon dan Petani, Kelurahan Umban Sari dengan motif Perahu Layar dan Palas dengan motif Mesjid.

Kadis Pariwisata Kota Pekanbaru Hermanius mengatakan, Festival Lampu Colok digelar sebagai bentuk rasa syukur  kepada masyarakat.

''Di tengah perkembang arus globalisasi adat istiadat dapat terkikis, karena itukegiatan ini penting untuk melestarikan budaya yang sudah dilaksanakan selama beberapa tahun ini,'' katanya dalam sambutannya.(rio)



Tags:  -