Kerjasama Kemensos, Alfamart & Muslimat NU

Santuni Kaum Dhuafa dengan Bingkisan Sembako Jelang Idul Fitri

By Trip Riau  |  16 Juli 2015 02:17:44 WIB  |  News

20150716024149_Dinawati menyerahkan paket sembako.JPG

Pekanbaru, tripriau.com- Lewat kerjasama Kementerian Sosial (Kemensos) dan peritel ternama Alfamart serta Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Riau, Rabu (15/7/2015) membagi-bagikan sembako kepada yang membutuhkan.

Kepada Tripriau, Dinawati, S.Ag selaku Ketua Muslimat NU Riau mengungkapkan, aktifitas sosial berupa pembagian sembako kepada yang berhak dan membutuhkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H ini adalah kelanjutan dari kegiatan bersama PW Muslimat NU, DPD Ikatan Ahli Boga (Ika Boga )Indonesia, Asisoasi Pangan Riau (ASPARI), PW Ikatan Pengusaha Muslimat Indonesia (IPEMI) dan Fatayat NU Riau berupa khatam Al-Qur’an, santunan Dhu’afa, tausiah Ramadhan dan berbuka bersama yang telah dilaksanakan 7 Juli 2015 lalu.

"Kegiatan ini kami lakukan setiap tahunnya dalam rangka memberikan rasa keperdulian kita kepada yang membutuhkan. Dan hari ini, pemberian sembako merupakan bantuan dari Kementerian Sosial melalui Alfamart yang bekerjasama dengan Muslimat NU. Lalu Muslimat Nu bekerjasama dengan empat organisasi lainnya yaitu, DPD Ika Boga, ASPARI, PW IPEMI dan Fatayat NU Riau,” tutur wanita ramah berkacamata yang juga tercatat sebagai Ketua DPD Ika Boga Riau, Ketua IPEMI dan Penasehat ASPARI.

Adapun yang mendapat pembagian sembako yang berisikan sembilan item seperti beras, gula, minyak makan, teh, sirup, susu, kecap, saos dan indomie, lanjut Dinawati, selain kaum dhuafa, 200 paket sembako juga dibagi-bagikan kepada fisabilillah atau guru-guru PAUD dibawah naungan Muslimat NU, janda-janda yang memerlikan bantuan, UMKM yang mempunyai kemampuan terbatas, pengurus-pengurus Muslimat yang pantas menerimanya selanjut pengurus Ika Boga, ASPARI, IPEMI dan Fatayat NU.

"Kedepan kita berharap, kegiatan serupa dapat terus berlanjut dan dapat dipercaya lebih banyak pihak yang terkait untuk menyalurkan bantuan. Kita juga berharap, produk yang akan diberikan tak hanya produk ritel saja tetapi juga bisa mengakomodir produk lokal. Bentuknya bisa bermacam-macam. Kita berharap paket untuk ramadhan, produk lokal yang akan kita suguhkan adalah kue lebaran. Karena UMKM kita yang tergabung di dalam ASPARI yang mempunyai usaha membuat kue Lebaran. Dan setiap harinya, ASPARI sudah dikenal masyarakat membuat makanan atau kue-kue Lebaran. Mengenai syarat, kita akan penuhi namun yang jelas produk-produk lokal akan kita perjuangkan masuk di dalam salah satu unggulan produk unggulan Alfamart,” tukasnya.

Upayakan Kerjasama Berkelanjutan

Disamping program pembagian sembako, Ketua Muslimat NU Dinawati juga tengah mengupayakan program-program yang digagas pihaknya kepada Kemensos agar dapat terealisasi.

Contohnya, saat ini pihaknya tengah memperjuangkan agar program kube untuk delapan kelompok usaha bersama agar dapat diproses sehingga anggaran dari pusat segera turun.

Progam lainnya yakni, rumah layak huni yang ada di beberapa kabupaten/kota di Riau yang tengah diupayakan untuk pendataannya. Selanjutnya, program kearifan lokal yaitu pelestarian budaya dalam bentuk alat musik tradisional.(putra)



Tags:  -