Menikmati Keindahan Batang Koban, Air Terjun 7 Tingkat di Ujung Kuansing

By Trip Riau  |  20 Juli 2015 21:40:33 WIB  |  Wisata Riau

Air Terjun Batang Koban tingkat ke-dua dengan tinggi sekitar 3 meter. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

Kuantan Singingi - Selain terkenal akan adat resamnya yang masih dipegang teguh hingga kini, Kuantan Singingi juga menyimpan pesona wisata yang memukau. Salah satunya adalah wisata air terjun Batang Koban atau dikenal dengan Air Terjun 7 Tingkat.  

Keindahan Air Terjun Batang Koban memiliki 7 tingkatan air terjun utama.

Keindahan air terjun dapat dinikmati dari air terjun paling dasar hingga paling atas. Kanopi hutan yang masih rindang, menghalangi sengatan sang surya menerpa kulit.

Untuk tingkat pertama, air terjun ini cukup memikat, dengan tinggi sekira lima meter. Di mana aliran air terjun menuju bebatuan yang cukup besar dan langsung menuju Sungai Batang Kuantan.

Air terjun kedua, dengan ketinggian sekitar 3 meter, memiliki arus yang cukup deras. Membentuk aliran semacam kolam di bagian bawahnya. Dengan bebatuan yang cukup terjal pada alirannya, tetapi cukup aman untuk sekedar melihat dari dekat dan mendokumentasikannya.

Beranjak ke air terjun ketiga. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 3 meter. Pahatan-pahatan alam membentuk ukiran alam nan indah di sekeliling tebing yang dilewati anak sungai.

Sementara air terjun ke empat merupakan spot utama untuk para pelancong bisa merasakan segarnya air terjun yang masih alami ini.

Air Terjun Batang Koban tingkat ke-empat, di Desa Lubuk Ambacang, Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Singingi. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com
Air terjun di sini cukup dalam, namun terdapat tali yang dipasang menyilang dibawah air terjun untuk membantu para wisatawan yang berenang.

Menuju air terjun selanjutnya, medan mulai menantang, karena harus mendaki bukit yang cukup terjal. Tapi rasa lelah akan segera terbayar melihat gemuruh air terjun setinggi 5 meter ini.

Air terjun selanjutnya, inilah yang paling tinggi, lebih kurang 30 meter. Bebatuan yang tinggi menjulang dengan ukiran alam bersatu-padu membuat sebuah dimensi jatuhnya air terjun seakan dari langit.

Medan yang cukup berat menuju lokasi ini benar-benar akan terbayar lunas ketika merasakan deburan air jatuh menerpa wajah kita.

Disini kita juga bisa berenang untuk merasakan sensasi kesegaran air terjun ini.

Menuju Lokasi

Dari Ibukota Provinsi Riau yakni Pekanbaru dapat ditempuh dengan waktu 3,5 jam perjalanan menuju Ibu Kota Kabupaten Kuantan Singingi, yakni Teluk Kuantan. Darisana perjalanan dilanjutkan menuju Lubuk Jambi sekitar 1 jam perjalanan.

Sampai di pusat Kota Lubuk Jambi, setelah melewati Pasar Lubuk Jambi, tidak seberapa jauh maka akan terlihat plang penunjuk jalan lokasi wisata Batang Koban.

Selanjutnya kita akan menyusuri jalan menuju Desa Lubuk Ambacang.

Disepanjang perjalanan menuju lokasi ini tidak membosankan, karena di kiri dan kanan jalan terlihat pemandangan persawahan yang cukup epik serta terlihat aliran Sungai Batang Kuantan yang meliuk-liuk membelah lanskap.

Setiba di Desa Lubuk Ambacang, segera menuju lokasi tempat perahu milik masyarakat bersandar, yang berada tidak jauh dari Pasar Desa Lubuk Ambacang.

Transportasi menuju Air Terjun Batang Koban memang belum bisa melalui darat, dan harus menggunakan perahu.

Kita bisa menyewa perahu masyarakat setempat. Untuk satu kali sewa perahu yang dapat memuat 15 orang dikenakan biaya 300 ribu rupiah. Sekitar 20 menit menggunakan perahu, maka sampailah dilokasi Air Terjun Batang Koban.

Air Terjun Batang Koban tingkat ke-enam, dengan ketinggian sekitar 30 meter. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com
Tips

Alangkah baiknya jika berangkat bersama rombongan untuk menuju air terjun ini, supaya meringankan biaya transportasi.

Gunakan pakaiaan, sepatu atau sendal khusus untuk outdoor. Karena dibeberapa bagian jalan terdapat genangan air dan jalan yang licin.

Bawa bekal perjalanan seperti makanan dan minuman sebelum ketempat ini. Karena jika telah tiba di lokasi tidak ada penjual makanan dan minuman.

Oke tripers, nantikan artikel review surga wisata air terjun Riau berikutnya. (Ronny)



Tags:  -