Jalan-jalan ke Muara Lembu: Menyusuri Alam hingga Budaya

By Trip Riau  |  21 Juli 2015 20:00:27 WIB  |  Wisata Riau

20150904152956__DSC0076-3.JPG

Muara Lembu, tripriau.com – Hai Tripers, masih dalam suasana lebaran tidak menghalangi untuk liburan. kali ini tripriau.com mengajak kalian semua untuk menyusuri alam budaya Muara Lembu.

Muara Lembu yang merupakan ibu kota Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, memiliki jembatan gantung yang cukup panjang, sekira 100 meter.

Dari jembatan ini terbentang pemandangan alam nan cukup menawan. Tempat ini tidak jauh dari pusat kota Muara Lembu, hanya sekira 1 kilometer.

Jembatan Gantung Muara Lembu, jembatan ini sebagai akses menuju Situs Sejarah Makam Syech Ahmad Bunda, dan akses untuk ke kebun serta melihat hewan ternak milik masyarakat setempat seperti kerbau dan lembu. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com
Bila diperhatikan, di sungai yang ada di tempat ini terdapat kerbau dan lembu milik masyarakat yang jumlahnya hingga ratusan.

Yah, masyarakat Muara Lembu memang memiliki tradisi melepas kerbau dan lembu mereka di sungai, hanya sekedar untuk makan, minum dan berendam.

Mungkin saja, dengan melepaskan di sungai, hewan-hewan ternak ini akan lebih sehat dan tidak stress dibandingkan harus dikurung di dalam kandang.

Tak hanya itu, masih di lokasi yang tidak terlalu jauh, kita akan menemukan Makam Syech Ahmad Bunda, tokoh syiar Agama Islam di Muara Lembu.

Makam Syech Ahmad Bunda, beliau seorang tokoh syiar Islam di Muara Lembu. Lokasi ini berada tidak jauh dari pusat kota Muara Lembu, sekitar 1 km. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com
Syech Ahmad Bunda merupakan sosok ulama berpengaruh yang banyak berjasa dalam menyiarkan ajaran Islam.

Makam ulama ini kini masih ada di Muara Lembu dan dijadikan sebagai situs cagar budaya oleh masyarakat setempat.(Ronny)



Tags:  -