Traveler Makin ''Ogah" Lepas dari Smartphone

By Trip Riau  |  23 Juli 2015 12:59:16 WIB  |  News

20150609152837_Trip Riau Banner Instagram.jpg

Tripriau.com - Traveler menjadi salah satu istilah yang sangat populer saat ini. Ini tak terlepas dari kegiatan jalan-jalan yang memang kian menjadi tren di berbagai belahan dunia. Hampir setiap orang pernah melakukan kegiatan traveling, baik jarak dekat maupun jauh. 

Tren dalam melakukan perjalanan terus berubah. Saat ini para traveler semakin sulit lepas dari yang namanya smartphone. Mereka mengabadikan tiap momen indah dari perjalanannya, lantas membagikannya ke berbagai media pertemanan.

Penetrasi Internet dan smartphone yang kian tinggi menjadi faktor pendukung perilaku ini.

Hal tersebut terungkap dalam laporan yang dirilis oleh TripAdvisor TripBarometer Connected Traveler.
 
Seperti dikutip dari marketeers.com, laporan ini mendefinisikan Connected Traveler sebagai wisatawan yang menggunakan smartphone untuk merencanakan perjalanan, menyediakan informasi mendalam mengenai kebiasaan serta perilaku mereka.

Penemuan utama di dalam penelitian ini, antara lain 45% dari Connected Travelers biasanya menggunakan smartphone mereka untuk melakukan pemesanan perjalanan.
 
Selain itu, hampir ¾ dari Connected Traveler (72%) menggunakan smartphone mereka untuk mencari restoran saat berlibur dan 1/3 dari Connected Traveler (34%) menginginkan akomodasi mereka menawarkan check-in mobile.

Laporan ini adalah bagian dari penelitian TripBarometer, dilaksanakan atas nama TripAdvisor oleh badan penelitian mandiri Ipsos dan melaporkan lebih dari 44.000 respon global dari wisatawan dan sektor perhotelan.
 
“Ketika pemesanan perjalanan melalui perangkat mobile meningkat untuk semua wisatawan, bagi Connected Traveler, smartphone adalah teman perjalanan penting,'' jelas Adam Medros, SVP of Product, TripAdvisor.
 
Adam menambahkan, melalui aplikasi perjalanan, Connected Traveler menemukan jalan, mencari tempat makan atau aktivitas yang bisa dilakukan dan membaca review.

"Mereka juga lebih mungkin melihat smartphone mereka sebagai alat pemesanan, baik sebelum perjalanan dan saat berada di tempat tujuan,” kata Adam lagi.

Connected Traveler lebih mungkin membawa smartphone mereka selama liburan untuk mengorganisir perjalanan mereka dengan lebih efisien (44%) dan memesan akomodasi dalam perjalanan (37%).

Mereka juga lebih mungkin dibandingkan wisatawan biasa untuk menggunakan smartphone untuk melakukan penelitian perjalanan saat berada di tujuan liburan.

Saat ini, 72% dari Connected Traveler menggunakan perangkat mobile mereka untuk mencari restoran, 67% untuk menemukan aktivitas yang bisa dilakukan, dan 64% menggunakannya untuk membaca ulasan.(rio)



Tags:  -