Begini Cara Masyarakat Meriahkan Hari Kemerdekaan

By Trip Riau  |  18 Agustus 2015 06:10:21 WIB  |  News

20150818120257_Suasana Hari Kemerdekaan RI.JPG

Pekanbaru, tripriau.com- Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dirayakan dengan berbagai cara oleh masyarakat. Upacara bendera hingga aneka perlombaan menjadi agenda wajib pada momen kemerdekaan.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Nurul Falah, Jalan Mesjid Raya nomor 8, Senapelan. Di tengah terik matahari siang, mereka menggelar kegiatan panjat pinang dengan memanfaatkan lapangan kecil di depan sekolah. Pesertanya cuma para siswa.

Meski sederhana, suasana meriah begitu terasa. Apalagi saat peserta panjat pinang berhasil mencapai puncak dan mengambil satu per satu hadiah yang sudah disiapkan.

Lagu Indonesia Tetap Merdeka sontak bergema sesaat setelah puncak berhasil dicapai.

Suasana meriah juga tergambar dari perayaan Hari Kemerdekaan di Mal Ciputra. Seluruh peserta larut dalam kegembiraan.  

Berbagai lomba digelar pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Riau ini. Ada bakiak, lomba makan kerupuk dan balap karung. Pagi harinya juga digelar upacara bendera.

Kegiatan ini diikuti oleh para karyawan mal, secureparking, security, cleaning services, hingga house keeping.

''Selain untuk memperingati hari kemerdekaan, (kegiatan ini) juga untuk menjalin silaturahmi seluruh divisi yang ada di Mal Ciputra,'' Kata Public Relation CS Mal Rindy Sri Marilin kepada tripriau.com, Senin (17/8).

Ratusan warga Perumahan Family Residence II dan Baiti Jannati yang berlokasi di Jalan Pesantren Kelurahan Kulim, Tenayan Raya, juga tak mau kehilangan momen 17 Agustus ini. 

Meski cuaca cukup panas, tak menyurutkan semangat anak-anak maupun orang tua mereka merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-70.

Beragam lomba satu persatu mulai dari balap karung, makan kerupuk, lomba pacu kelereng pakai sendok, lomba gigit koin untuk anak-anak dan lomba memasukkan paku dlm botol, lomba joget balon serta memasukkan benang dalam jarum digelar.

Pihak panitia juga menyelenggarakan pertandingan domino, bola dangdut pakai daster, bulutangkis dan pacu goni  hingga panjat pohon pinang.(rio/put)



Tags:  -