Danau Bokuok Perlu Perhatian

By Trip Riau  |  20 Agustus 2015 08:59:11 WIB  |  News

20150820090459_ilustrasi.jpg

Pekanbaru, tripriau.com- Danau Bokuok yang terletak di Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar perlu perhatian kita semua. Pasalnya, danau yang merupakan ikon wisata Kabupaten Kampar, kini kondisinya sangat memprihatinkan.

Seperti dilaporkan riaupos.co, pada permukaan danau tersebut saat ini ditutupi rumput dan kiambang. Tak tanggung-tanggung, tingkat kerusakannya mencapai 90 persen dan bahkan permukaannya sudah ditumbuhi rumput sepanjang 2 kilometer.

Akibatnya, permukaan danau terlihat menghijau sehingga membuat aktifitas sehari-hari masyarakat dalam mencari ikan maupun melakukan kegiatan lainnya di Danau Bokuok jadi terganggu.

"Untuk itu kami harapkan Pemkab Kampar menurunkan bantuan membersihkan kiambang ini hingga danau ini bisa dimanfaatkan, baik untuk kerambah atau yang lainnya, “ ujar Kepala Desa Aursati Dt Razak baru-baru ini.

Selain menjadi kebutuhan, manfaat utama Danau Bokuok bagi masyarakat Desa Aursati menjadi sumber mata pencaharian yaitu, ikan. Beragam jenis ikan ada di danau ini, seperti ikan patin, baung, dan lainnya.

Bukan itu saja, danau ini bahkan menjadi tempat dalam menjalankan Tradisi Maawuo. Tradisi ini sudah turun-temurun dan selalu dihadiri puluhan ribu orang dari seluruh Kabupaten Kampar hingga Pekanbaru.

Tradisi Maawuo adalah memanen ikan secara bersama-sama di Danau Bakuok. Biasanya tradisi ini dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan atau saat perayaan HUT Kemerdekan Republik Indonesia.

Menggunakan perahu sampan dan jala, tradisi Maawuo selalu meriah. Sehingga menjadi ikon wisata Kabupaten Kampar yang sangat potensial dalam mengangkat khasanah daerah.

"Namun daun dan tumbuhan kiambang membuat ikan tidak bisa berkembang dan danau tidak bisa dimanfaatkan,” ujarnya. (putra))

Ayo Trippers, selamatkan Danau kita!



Tags:  -