Pendapatan UKM Bisa Meningkat Jika Lakukan Ini

By Trip Riau  |  21 Agustus 2015 07:31:52 WIB  |  Business

UKM

Pekanbaru, tripriau.com- Dalam laporan penelitian Firma audit Deloitte Access Economics yang disponsori Google terungkap, UKM dapat meningkatkan pendapatan minimal 80 persen jika pengembangannya diekspansi ke ranah digital.

Bahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat meningkat dua persen setiap tahun dengan syarat usaha kecil menengah (UKM) melibatkan teknologi digital dalam pengembangannya.

Dengan peningkatan sebesar itu, UKM akan turut memangkas angka pengangguran dengan membuka peluang kerja satu setengah kali lebih besar. Inovasi bisnis juga diklaim bakal meningkat 17 kali lipat.

"Sekali berkecimpung ke online digital, bisnis akan terus bertumbuh jadi lebih besar," kata Managing Director Deloitte Claudia Lauw, Kamis (20/8/2015) seperti dikutip dari kompas.com.

Efek peningkatan domino ini bisa mengantarkan Indonesia menuju negara berpenghasilan menengah pada tahun 2025. Daya saing global menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) juga bisa tumbuh signifikan. Namun sayang, masih sedikit pelaku UKM yang sadar akan peluang ini.

Lebih dari 36 persen UKM masih berbisnis offline saja. Sementara 37 persen lainnya hanya memiliki kemampuan online mendasar, seperti komputer atau akses digital. Hanya 18 persen UKM yang memanfaatkan akses online, seperti media sosial dan situs web.

Sedangkan sembilan persen sisanya adalah bisnis online lanjutan berupa e-commerce. Ke depan, Google telah menyiapkan beberapa program untuk menggenjot pemanfaatan online digital bagi UKM. Hal ini juga didukung oleh program pemerintah. (putra)



Tags:  -