Melirik Bisnis Penyewaan Alat-alat Outdoor

By Trip Riau  |  28 Agustus 2015 06:16:46 WIB  |  Business

20150828062305_Camping.jpg

Pekanbaru, tripriau.com –Tren traveling yang kini tengah melanda berbagai kalangan member peluang bagi tumbuh suburnya bisnis penyewaan alat-alat outdoor. Di Pekanbaru sendiri, jasa penyewaan ini terus tumbuh seiring semakin tingginya permintaan akan alat-alat outdoor.

Peluang ini pula yang ditangkap oleh Pasukan Bolang Store Outdoor, yang sejak dua bulan belakangan mulai merambah bisnis ini.

Salah satu pembesut bisnis ini, Yayang Winata akhir-akhir ini melihat hobi anak-anak muda sekarang yang mulai suka dengan kegiatan-kegiatan out door dan adventure lainnya.

"Semakin hari semakin bertambah. Untuk sekarang penyuka kegiatan adventure tidak lagi Sispala (SiswaPecintaAlam) ataupun Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam), tapi sudah menyebar kesemua kalangan. Makanya saya mulai tertarik dengan bisnis ini,” kata pria yang juga Ketua Laskar Pegiat Ekowisata (LPE) Riau ini.

Awalnya, Pasukan Bolang Store hanya melakukan jual beli alat-alat outdoor. Atas pertimbangan mahalnya alat-alat outdoor ditambah banyaknya para pemula yang tidak memiliki alat, maka dibukalah jasa penyewaan.

"Awalnya memang tenda pribadi 2 unit.Karena permintaan semakin banyak, kita tambah lagi dan sampai sekarang sudah ada 8 tenda yang ready untuk disewakan,” sebutnya.

Peluang yang sama coba ditangkap oleh FIGURE XX ADVENTURE, yang juga menyediakan jasa penyewaan alat-alat outdoor. Bisnis jasa satu ini mulai didirikan oleh Marto dan Ehdra Beta, Mahasiswa Pecinta Alam dari Universitas Riau pada 2009 lalu.

"Kita ingin turut mengembangkan wisata minat khusus di Riau. Dan sekarang, kami berkembang di bidang penyewaan peralatan camping. Kami juga melayani dan menyediakan jasa tour guideuntuk yang mau melakukan kegiatan traveling di alam bebas,” kata Ehdra Beta.

Ehdra menyebut, selama ini target pasar jasa penyewaannya terdiri dari banyak kalangan.Mulai dari Lembaga Swadaya Masyarakat, siswa, mahasiswa, korporasi dan masyarakat umum.

Berbagai perlengkapan untuk kegiatan outdoor bias didapatkan di jasa penyewaan ini. Mulai dari Tenda Dome, Nesting, Matras, Sleeping Bag, Kompor dan alat pendukung lainnya. (rio)



Tags:  -