Mencicipi Sempolet, Hidangan Melayu Berbahan Sagu

By Trip Riau  |  29 Agustus 2015 18:24:05 WIB  |  Culinary

20150829182828_Sempolet kuliner Melayu berbahan Sagu.JPG

Pekanbaru, tripriau.com- Riau selama ini memang dikenal memiliki beragam hidangan kuliner berbahan dasar sagu. Salah satu yang layak dicicipi adalah Sempolet. 

Sempolet ini merupakan hidangan sejenis cream soup. Makanan ini biasanya ditemukan pada masyarakat Melayu di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak dan sebagian Indragiri Hilir. 

Selain sagu, Sempolet sendiri terdiri dari bahan-bahan seperti sayur pakis kampung, daun katu, udang atau juga bisa diganti dengan ikan teri.

Proses pengolahan makanan ini cukup sederhana. Prosesnya tak lebih dari 30 menit.

Tepung sagu dicampurkan pada air mendidih dan diaduk hingga mengental dan menjadi kuah. Kemudian ditambahkan dengan sayuran, ikan atau udang serta aneka rempah seperti cabe, bawang, serai, kunyit dan merica.

Rasa udang mendominasi makanan yang memiliki kuah bertekstur kental ini.

Saat ini, kuliner satu ini juga bisa ditemukan di Pekanbaru. Para pecinta kuliner Melayu bisa berburu kelezatan Sempolet yang memang tidak mudah ditemukan di Kota Bertuah.  

Menu makanan satu ini bisa Anda temukan di gerai Al-Mahdi Kampoeng Melayu, yang berlokasi di Jalan Rajawali nomor 72 D, Kelurahan Kampung Melayu, Sukajadi.

Gerai ini dibuka oleh salah satu pegiat kuliner Melayu Riau, yakni Dinawati S.Ag. Sempolet ini pelan-pelan dia sosialisasikan sejak 4 tahun lalu.

Bagi Dinawati, gerai kuliner yang dibukanya tak semata-mata sebagai bisnis. ''Tapi ada juga misi budaya di sini. Yaitu untuk memperkenalkan kuliner Melayu. Karena kan kuliner Melayu belum banyak yang tau," katanya.(rio)



Tags:  -