MSDC: Lahirkan Tenaga Penyelam untuk Kebutuhan Wisata

By Trip Riau  |  04 September 2015 20:17:16 WIB  |  Community

20150904200207_IMG_0464.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Marine Science Diving Club (MSDC), salah satu study club pada Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Riau, telah banyak memberikan kontribusi pada bidang yang digelutinya. Salah satunya, dengan rutin melahirkan tenaga penyelam untuk kebutuhan pariwisata.

Pada dasarnya, study club yang berdiri pada 20 September 2005 ini bergerak dibidang penyelaman, khususnya pada aspek konservasi, monitoring, edukasi, riset serta wisata bahari.

Perkembangan dunia penyelaman saat ini membuat kegiatan tersebut berkembang dengan pesat.

Ketua MSDC Rio Aprialis Safitra mengatakan, berbagai kegiatan nasional maupun internasional sudah beberapa kali dilakukan dengan mitra kerjanya.

Antara lain, Kementerian Kelautan dan Perikanan, UPT Penangkaran Penyu, LIPI, LKKPN, BPSPL, Marinir, Brimob, BasarNas, POSSI, Balai Purbakala, pihak swasta seperti Lagoi International Resort, Space International Jerman, Reef Ceek, Coral Rheck Management (CORMMAP) dan beberapa koneksi jaringan kerja lainnya.

''Sementara, pada kegiatan kerja minat khusus, setiap tahun MSDC pembuatan pelatihan bagi masyarakat yang telah paham dengan lingkungan, namun belum pernah melakukan penyelaman, khususnya bidang kelautan,'' terang Rio.

Hampir satu dekade pula MSDC terus-menerus aktif berkegiatan. Mulai dari Transplantasi Karang, Open Trip Diving, Riset, Pelatihan Selam, serta membuat Jurnal Nasional dan Internasional.

Transplantasi Karang yang dilakukan Marine Science Diving Club (MSDC) Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Foto: MSDC for tripriau.com

Saat ini MSDC didukung oleh tim yang profesional, yang didukung oleh sertifikasi international (A1,A2 dan A3) serta standar spesifikasi lain yang mendukung kegiatan Fhotografer Under Water, Welder Inspection, Coral Reef Check, dan Mapping Underwater.

MSDC saat ini juga memiliki badan usaha yang disponsori oleh FIGURE XX dan didukung oleh YK Company.

''Kami menyediakan penyewaan dan quite penyelaman yang dapat dilakukan pada spot penyelaman indah dengan kualitas peralatan dan SDM pendukung,'' kata Rio. (rio)



Tags:  -