5 Tips Liburan ke Lokasi Wisata Air Terjun

By Trip Riau  |  08 September 2015 08:06:20 WIB  |  News

20150506150448_Air-Terjun-Lubuk-Bigau_1.jpg

Pekanbaru tripriau.com- Hai Tripers, Provinsi Riau menyimpan potensi wisata air terjun yang cukup besar. Potensinya tersebar di beberapa kabupaten mulai dari Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi hingga Indragiri Hulu. Air terjun-air terjun ini ada yang sudah memiliki akses yang baik, namun ada juga yang masih tersembunyi.

Belakangan ini, wisata air terjun yang ada di Riau mulai diminati para wisatawan domestik. Tren media sosial dikalangan anak muda membuat destinasi-destinasi air terjun ini mulai terangkat ke permukaan.

Bagi Tripers yang ingin mengunjungi destinasi air terjun, berikut 5 tips yang bisa dilakukan (dikutip dari tipsjalan.com):

1. Peta Lokasi Air Terjun

Membawa peta lokasi air terjun merupakan hal penting yang harus dilakukan. Liburan ke air terjun memang menyenangkan, tetapi dibeberapa tempat wisata air terjun infrastruktur penunjangnya belum tergarap dengan baik. Itu sebabnya kita perlu menyiapkan peta sebagai panduan menuju lokasi. Peta digital gratisan sekarang mudah ditemui di internet. Peta tersebut juga bisa menaksir rute terbaik dan perkiraan lama perjalanan menuju lokasi

2. Gunakan Sandal Antiselip

Jalan menuju air terjun biasanya lembap dan licin karena ditumbuhi lumut. Jangan lupa menyiapkan alas kaki antiselip dan tahan air supaya kita tidak mudah terpeleset. Bisa sandal atau sepatu tertutup untuk ke lokasi air terjun yang medannya berbatu-batu dan menuntut trekking. Sepatu akan berfungsi sempurna meminimalisir luka saat trekking di jalur berbatu.

3. Berhati-hatilah dengan Tumpahan Air Terjun

Jika sudah menemukan lokasi wisata air terjun biasanya kita langsung ingin bermain air. Menikmati sejuknya air terjun dengan berdiri tepat di bawah kucuran air terjun memang asyik. Ada sensasi seperti dipijat begitu tubuh terkena kucuran air.

Tapi demi keamanan, tips ini perlu diperhatikan. Sebaiknya hindari berdriri tepat dibawah kucuran air terjun. Anda tidak pernah tahu benda apa yang terbawa aliran air terjun. Bisa saja tiba-tiba potongan kayu hanyut ataupun batu jatuh di air terjun.

4. Persiapkan Baju Ganti dan Air Hangat

Seperti tempat wisata air terjun pada umumnya yang biasanya terletak di daerah dataran tinggi dan sekitar air terjun memiliki suhu dingin, persiapkan pakaian hangat dan juga baju ganti.

Tips ini bermanfaat ketika sudah puas bermain air dan anda bisa ganti baju serta menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

5. Berhenti Bermain Air Jika Hujan

Biasanya air terjun memiliki aliran yang kuat dan sangat deras ketika hujan tiba. Jadi, ketika hujan tiba segeralah berhenti bermain air.

Selain, itu jagalah kebersihan di lokasi air terjun. Buanglah sampah pada tempat yg telah disediakan. Bawalah juga kantong plastik untuk tempat sampah. Karena tidak hanya kita saja yang akan menikmatinya keindahan air terjun ini.(rio)



Tags:  -