Riau Beraksi, Bukan Sekedar Bermain Peran

By Trip Riau  |  11 September 2015 11:14:28 WIB  |  Community

20150911111752_PSX_20150910_181406.JPG

Pekanbaru, tripriau.com - Riau Beraksi adalah komunitas seni peran yang terbentuk pada tahun 2008 dan terletak di Parit Indah, atau tepatnya di warung kopi Bual-Bual Kedai Kopi.

Komunitas seni peran yang dipimpin oleh Willy, alumni Institut Kesenian Jakarta, ini sudah menghasilkan karya-karya teater yang matang, tajam, dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.

Teater-teater yang pernah dipentaskan adalah Opera Rimba, Indonesia Bagandu, dan Kidung Orang-Orang Rakus.

Willy, memiliki sudut pandang tersendiri mengenai budaya, Melayu, dan berteater.

"Sebenarnya, kami tidak pernah melakukan latihan-latihan teater basic, seperti open vocal dan tidak pernah menelurkan aktor. Tapi melalui teater ini, kami menelurkan hakikat hidup yang berangkat dari realita sosial di lingkungan sekitar kami. Seperti Opera Rimba yang telah kami mainkan di Gedung Anjung Seni Idrus Tintin yang bercerita tentang hewan-hewan yang tinggal di hutan, lalu hutannya dibakar. Melalui berteater kami memancing pemikiran-pemikiran agar lebih manusiawi," tutur Willy.

Komunitas ini berisi dari berbagai kalangan, dari SD, SMP, SMA, mahasiswa, hingga buruh bangunan. Itu sebabnya komunitas ini memiliki tujuan untuk "membesarkan Riau" di bidang seni peran. Fokus dari komunitas ini adalah masyarakat luas dengan suguhan teater musikalnya. Willy punya keinginan agar yang menonton pementasan bukan dari kalangan sastrawan dan budayawan saja.

"Ya, memang seharusnya begitu. Dan yang menonton kami bukan dari siswa dan mahasiswa saja, namun pimpinan-pimpinan perusahaan besar karena realita sosial yang kami angkat," Kata Willy.

 

Penulis : Satya Wira Wicaksana

Editor: Rio Sunera

 



Tags:  -