Merekam Peristiwa Melalui Foto

By Trip Riau  |  13 September 2015 01:41:14 WIB  |  News

Pameran Foto ''Masih Mau?'' oleh PFI di Mall SKA Pekanbaru (Foto Abdul Ronny)

Pekanbaru, tripriau.com - Sebuah foto orangutan yang sedang terkapar tak berdaya karena pelipis matanya ditembus peluru tajam tampak memilukan. Peristiwa ini menimpa Orangutan Sumatera di Desa Air Hitam, Kec Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumut.

Saat itu, tim dari Orangutan Information Center (OIC) sedang melakukan penyelamatan terhadap Orangutan Sumatera betina karena terisolasi di perkebunan warga.

Foto ini merupakan hasil jepretan Irsan Mulyadi, seorang fotografer di Antara Foto. Foto yang diambil pada tahun 2013 ini berhasil memenangi Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APVI) V pada tahun 2013 untuk kategori Nature and Environment.

Foto yang sangat menyentuh ini ikut dipamerkan pada Pameran Foto bertemakan''Masih Mau?'' dan Roadshow Pemenang APVI V 2013-2014 di Mal Ska 11-13 September 2014.

Pameran ini diikuti oleh 57 karya foto jurnalistik terbaik karya pewarta foto seluruh Indonesia dan 30 foto Dibalik Kabut Asap Riau karya Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru.

Ada 6 kategori foto yang dipamerkan pada pameran ini, yakni Nature and Environment, General News, Spot News, Foto Essai, Daily Life dan Citizen Journalist.

Tak cuma itu, foto Spot News dari Sutanta Aditya tentang peristiwa Sinabung yang memenangi APFI V 2014 juga ditampilkan.

Pameran karya foto jurnalistik ini mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat dan pecinta foto yang ada di Pekanbaru. Buktinya, tempat digelarnya pameran ini selalu dipadati pengunjung selama 2 hari gelaran ini berlangsung.

''Fotonya bagus-bagus. Setiap foto yang ada di sini bercerita. Kalau kita lihat semakin dipandangi kita dibuat semakin melihat lebih dalam apa dari makna fotonya. Dan fotonya diambil langsung oleh orang-orang yang berhadapan dengan best moment,'' kata Rita, salah satu pengunjung kepada tripriau.com.

Dia mencontohkan tentang foto mantan Wakil Presiden Boediono yang diambil pewarta foto Tempo, Aditya Noviansyah.

Di foto People in the News ini terlihat, sang mantan Wakil Presiden sedang menggoda seorang balita dengan memperagakan pose lucu usai dia berolahraga di sebuah hotel di Jakarta.

''Awalnya ngelihat itu foto biasa-biasa saja. Cuma bapak-bapak dan juga ada seorang bule. Tapi ternyata, diperhatikan, ternyata itu foto (mantan Wapres) Boediono. Itu yang bikin fotonya jadi tambah menarik,'' timpalnya lagi.

Penulis: Rio Sunera
Editor: Rio Sunera



Tags:  -