Mencicipi Ayam Rawit di Warung Bakso Ikan Karimun

By Trip Riau  |  13 September 2015 18:59:24 WIB  |  Culinary

20150913190053_Ayam Rawit.jpg

Pekanbaru, tripriau.com - Bagi para mahasiswa Universitas Riau, Panam, tempat makan bernama Bakso Ikan Karimun sudah tidak asing lagi. Kekhasan masakan ala Karimun, Kepulauan Riau membuat tempat ini selalu dijubeli pengunjung.

Bakso Ikan Karimun ini cuma menempati sebuah bangunan sederhana di Jalan Manyar Sakti, Panam. Sebuah gerobak yang juga tampak biasa, menjadi tempat bagi Pak Cik -- demikian penjualnya biasa disapa -- mengolah masakan serba lezat.

Tapi jangan ditanya, Bakso Ikan Karimun ini selalu ramai pembeli. Aroma wangi dari bumbu dan aneka rempah yang diolah dan menyatu dalam wajan, selalu menggugah orang untuk datang.

Lokasinya yang berada tidak jauh dari kampus Unri, membuat pengunjung tempat makan satu ini didominasi oleh mahasiswa.

Meski bernama Bakso Ikan Karimun, tapi tempat ini menyajikan beragam menu, mulai dari ayam, udang, cumi, kerang, siput, kepiting dan aneka sup.

Menu-menu diolah dengan beragam cara memasak, mulai dari masak saos telor, masak rawit, masak kecap, masak tumis, masak merah hingga masak senggang.

Nah, salah satu yang mesti dicoba saat singgah di tempat ini adalah mencicipi sensasi pedas dari Ayam Masak Rawit. Ini salah satu menu favorit di sini.

Ayam Masak Rawit ini merupakan masakan berkuah yang didominasi bumbu dari cabe rawit. Berbagai bahan masakan seperti bawang putih, seledri dan aneka rempah lainnya ditumis jadi satu. Sementara ayamnya dipotong kecil-kecil dan dimasak bersama tumisannya.

Cabe rawit yang mendominasi, menghadirkan sensasi pedas namun nikmat pada masakan ini. Ayamnya yang dipotong kecil-kecil terasa lembut saat menyentuh lidah. Sementara kuahnya yang kental, berwarna hijau kehitaman, dengan taburan daun bawang terasa nikmat dan segar saat disantap.

Seporsi Ayam Masak Rawit ini sangat cocok bila ditemani nasi putih hangat. Segelas teh es manis membuat makan menjadi lengkap.

''Ayam Masak Rawit ini recomended 'banget' kalau makan di sini. Saya baru sekali ini makan di sini. Tapi, nanti pasti pengen datang lagi ke sini. Soalnya masakannya enak. Menunya juga beragam,'' kata Thatha salah satu pengunjung kepada tripriau.com.

Bakso Ikan Karimun ini biasanya buka menjelang tengah hari. Bila ingin berkunjung pada malam hari, datanglah lebih awal. Sebab tak jarang, menu di sini sudah habis sebelum pukul 21.00 WIB.

 

Penulis: Rio Sunera

Editor: Rio Sunera



Tags:  -