60 Persen Wisatawan Tertarik ke Indonesia karena Sosial Budaya

By Trip Riau  |  19 September 2015 14:02:36 WIB  |  News

20150919141510_IMG_8144.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, saat ini, sektor pariwisata Indonesia masih didominasi oleh sosial budaya. Sekitar 60 persen wisatawan datang ke nusantara karena ketertarikan akan sosial budaya masyarakat.

Selebihnya, menurut Arief, 30 persen wisatawan datang karena alamnya, dan sisanya sebesar 5 persen karena ketertarikan dengan wisata yang dibuat manusia atau man made.

Menteri Pariwisata juga mengatakan, branding yang selama ini dilakukan telah membuahkan sejumlah prestasi.

Menurut Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2015, indeks daya saing wisata yang diluncurkan World Economi Forum, Indonesia menduduki peringkat 50 dengan nilai 4,04 dari 141 daftar negara yang ada.

Ini meningkat jauh dari sebelumnya yang bahkan Indonesia tak masuk 141 besar. “Branding ‘Wonderful Indonesia’ sudah membawa kita naik hampir seratus peringkat ya,” katanya, seperti dilansir kompas.com.

Sementara untuk negara dengan peringkat pertama hingga kelima berturut-turut ialah Spanyol, Perancis, Jerman, Amerika, dan Inggris. Untuk wilayah Asia dijuarai Jepang yang menduduki peringkat 9. Untuk wilayah Asia Tenggara Singapura masih memimpin pada peringkat 11.

Untuk branding "Wonderful Indonesia", saat ini selalu menggunakan iklan-iklan budaya meski dilatarbelakangi alam yang indah. Arief mencontohkan salah satunya iklan ‘feeling is believing’. “Iklan itu kan bicara budaya, ya, tapi dilatarbelakangi dengan alam yang Indah,” ujarnya.


Penulis: Rio Sunera

Editor: Rio Sunera



Tags:  -