Al-Fatih Preschool, Dekatkan Anak Pada Alam

By Trip Riau  |  21 September 2015 11:34:01 WIB  |  News

20150921114004_DSC_5302.jpg

Pekanbaru, tripriau.com – Suasana di halaman depan Al Fatih Preschool yang berada di Jalan Tanjung, Tangkerang Labuai, tampak heboh pagi itu. Belasan anak pra sekolah masing-masing memegang seekor ikan. Anak-anak ini kelihatan tak sabar untuk memasukkan ikan-ikan ini ke dalam kolam kecil yang ada dihadapan mereka.

Sesaat kemudian, dibimbing beberapa orang guru, bergantian mereka memasukkan ikan-ikan peliharaan ini. Wajah mereka berubah ceria saat ikan-ikan itu berhasil dilepas ke dalam kolam.

Gaya hidup di perkotaan memang membuat anak kian jauh dan kurang berinteraksi dengan alam. Padahal, alam sangat berperan penting dalam perkembangan anak dalam berbagai aspek intelektual, emosional, sosial, spritual dan juga fisik.

Nah, di Al Fatih Preschool & Course, kita akan menemukan suasana berbeda. Di tempat ini kita bisa menyaksikan anak-anak begitu dekat dengan alam dan lingkungannya. Mereka diajak mengenal lingkungan dan bersahabat dengan alam.

Al-Fatih Preschool memfasilitasi anak-anak untuk bermain dan menari bersama diluar kegiatan formal belajar didalam kelas. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

 

‘’Pendidikan anak usia dini ini sangat penting. Dan yang menjadi fokus kita adalah bagaimana kemudian pendidikan di Al Fatih mampu menciptakan anak-anak yang memiliki karakter baik,’’ kata Kepala Sekolah Al Fatih Preschool & Course, Adhek Febby Rivano.

Al Fatih Preschool memang menerapkan metode berbeda dalam proses tumbuh kembang anak. Setiap hari belasan anak di sini diajak bermain dengan alam.

Di halaman sekolah misalnya, terdapat sebuah kolam ikan berukuran kecil. Di sini anak-anak dikenalkan dengan ikan peliharaan. Tiap hari, mereka memberi makan ikan dengan pakan yang sudah disiapkan.

Tak cuma itu, konsep alam semakin terasa dengan keberadaan Rumah Jamur dan Kebun Hydrophonic sebagai tempat anak-anak belajar. Di Rumah Jamur misalnya, setiap hari anak-anak melakukan aktivitas menyiram baglog-baglog yang sudah disediakan.

Al Fatih sendiri berlokasi di tempat dan suasana yang nyaman. Yakni di Jalan Tanjung, Gang Sejahtera nomor 2 B, Kelurahan Tangkerang Labuai, Bukit Raya. Lokasi yang strategis ini tentunya sangat mendukung proses perkembangan dan pertumbuhan anak.

Tak hanya berusaha mendekatkan anak pada alam, sekolah yang memiliki tagline ‘’Religius, Creative, Smart’’ ini juga memiliki tiga program unggulan. Antara lain di bidang Akademik, Aqidah dan Akhlak, serta Leadership dan Entrepeneur.

Untuk Akademik misalnya, anak-anak akan mendapatkan screening test sebelum masuk proses pembelajaran. ‘’Ini tujuannya untuk mengetahui gaya belajar, bakat dan minat anak,’’ jelas Febby kepada tripriau.com.

Untuk lebih mengenalkan anak-anak ke alam sekitar, Al-Fatih Preschool menyediakan Rumah Jamur, anak-anak setiap harinya diberi kesempatan untuk melihat dan menyiram jamur. Foto: Abdul Ronny/tripriau.com

Sementara untuk program Aqidah dan Akhlak, anak didik dibiasakan dengan lingkungan Islami, pembiasaan Shalat Dhuha, sedekah dan kalimat-kalimat thoyyibah. Juga materi tahfidz praktis (Hafalan Ayat pendek), hadits dan doa sehari-hari. Ini masih ditambah dengan kajian mingguan tiap Jumat dan Siroh Nabawi dan Tafakur Anak.

‘’Untuk kepemimpinan dan entrepeneur, kita rutin melakukan field trip dan outing class ke berbagai tempat yang dapat menambah wawasan dan keilmuan anak. Kita juga adakan pameran hasil karya anak tiap 6 bulan sekali,’’ terang Febby.

 

Penulis: Rio Sunera

Editor: Rio Sunera

 

 



Tags:  -