RCWD: Jasa Cuci Mobil dengan Sistem Delivery

By Trip Riau  |  29 September 2015 21:27:23 WIB  |  Business

Riau Car Wash Delivery menawarkan jasa cuci mobil dirumah dengan sistem delivery order. Foto: Abduil Ronny / tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com - Berawal dari ketidaksengajaan, Ahmed Al Syaid (24) mampu menciptakan bisnis unik, yakni Car Wash Delivery. Meski baru berjalan efektif 2 bulan, bisnis yang diberinya nama Riau Car Wash Delivery (RCWD) ini mulai mendapat sambutan positif para pelanggan.

Bisnis yang dibuka mahasiswa Universitas Lancang Kuning ini menawarkan jasa cuci mobil di rumah atau dengan sistem delivery order.

Jadi, orang-orang tak perlu repot lagi keluar rumah untuk mencuci mobil. Cukup bikin janji, maka mobil akan dicuci bersih hingga mengkilap.

Peluang yang dilihat Ahmed dari bisnis car wash delivery-nya ini adalah, bahwa orang-orang sekarang malas keluar rumah. Delivery order menjadi sebuah layanan wajib yang harus dimiliki setiap usaha.

''Untuk makan saja orang sekarang sangat mengandalkan delivery order," kata Ahmed.

Ahmed menceritakan, bisnisnya ini dimulai secara tak sengaja. Saat itu, salah seorang keluarganya akan pindah ke luar kota. Dia diberikan seperangkat alat cuci mobil milik keluarganya ini, seperti jet cleaner, vakum dan sebagainya.

''Awalnya saya gunakan sendiri saja untuk cuci kendaraan di rumah. Trus, kemudian ada tetangga yang minta cucikan (kendaraan). Lumayan. Gak sampai sejak dapat Rp 30 ribu,'' katanya.

Selang beberapa waktu dia baru mendapatkan ide untuk membuka bisnis jasa cuci mobil ke rumah. Dengan modal lebih kurang Rp 30 juta dia membeli secara kredit 3 unit motor bekas, box bagasi dan peralatan pendukung lainnya.

Mulailah dia beraksi saat Ramadhan yang lalu. Promosi pertamanya dimulai dengan menyebar brosur kepada calon pelanggan. ''Setelah brosur itu disebar mulai ada yang menghubungi untuk mencucikan mobilnya,'' cerita Ahmed kepada tripriau.com.

Untuk promosi, saat ini Ahmed mengandalkan social media, khususnya Instagram. ''Instagram ini paling efektif untuk sekarang,'' katanya.

Awalnya, target pasar bisnisnya ini adalah anggota-anggota klub-klub mobil yang banyak sekali di Pekanbaru. Tapi dalam perjalanannya, ternyata pelanggannya didominasi ibu-ibu muda dan pegawai kantoran.

Salah satu kendala yang dihadapi Ahmed dalam bisnis car wash delivery ini ada pada tingkat kebersihan. Pasalnya, dibanding jasa cuci mobil pada umumnya, car wash delivery ini tentunya memiliki kekurangan dari segi fasilitas maupun kelengkapan. Misalnya saja ketiadaan hydrolic yang bisa memaksimalkan pencucian pada bagian bawah mobil.

Tapi, Ahmed menegaskan, RCWD fokus pada kebersihan interior mobil. Alasannya, karena selama ini banyak jasa cuci mobil hanya fokus pada eksterior semata.

Ahmed Al Syaid (tengah) Meski baru berjalan efektif 2 bulan, bisnis yang diberinya nama Riau Car Wash Delivery (RCWD) ini mulai mendapat sambutan positif para pelanggan. Foto: Abdul Ronny / tripriau.com

''Jadi kita benar-benar servis interiornya. Soalnya, selama ini banyak fokus pada eksterior saja. Nah, untuk eksterior kita maksimalkan kebersihannya dengan menggunakan jet cleaner,'' katanya.

Tapi, Ahmed mengaku kebanyakan pengguna jasanya biasanya mobil-mobil yang sehari-hari hanya beroperasi di perkotaan. ''Jadi, mobilnya tidak terlalu kotor,'' sebutnya.

Untuk mendapatkan jasa cuci mobil dari Riau Car Wash Delivery ini, calon pelanggan tak perlu repot-repot. Asal ada saluran air atau kran, Anda sudah bisa mencoba menikmati layanan Riau Car Wash Delivery ini.

Penulis: Rio Sunera
Editor: Rio Sunera



Tags:  -