Melihat Sepeda Peninggalan Soeman HS di Museum Sang Nila Utama

By Trip Riau  |  07 Oktober 2015 20:55:59 WIB  |  News

Sepeda Pujangga Melayu Riau yang terkenal dengan karyanya berjudul

Pekanbaru, tripriau.com - Salah satu peninggalan sastrawan terkemuka Indonesia asal Riau Soeman HS, adalah sepeda onthel yang kala itu disebut sebagai kereta angin.

Sepeda Pujangga Melayu Riau yang terkenal dengan karyanya berjudul "Mencari Pencuri Anak Perawan'' ini terpajang di Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Sepeda tua buatan Inggris ini merupakan alat transportasi yang digunakan oleh Soeman HS ketika hendak pergi mengajar. Tak hanya itu, sepeda ini juga digunakan dalam kesehariannya.

"Bisa dikatakan sepeda ini merupakan kendaraan dinas bagi Soeman HS kala itu. Ia mengayuh sepeda ini keluar dan masuk kampung untuk mengabdikan dirinya sebagai guru," jelas Endrizal, Koordinator Pemandu Museum Sang Nila Utama.

Sepeda bermerek Releigh yang diproduksi sekitar tahun 1920-an tersebut mempunyai nilai sejarah yang tinggi sebab digunakan oleh sastrawan terkenal tak hanya di Provinsi Riau, namun juga nasional.

Hingga akhirnya, nama Soeman HS diabadikan sebagai nama gedung Perpustakaan Wilayah dan Arsip Provinsi Riau.

Ketika beliau masih hidup, sepeda tua yang terletak di lantai dua museum ini diserahkan langsung oleh Soeman HS kepada pihak museum.

"Kala itu sepeda ini diserahkan langsung oleh Beliau sekitar tahun 1995-an," kata Endrizal kepada tripriau.com, Rabu (07/10).

Endrizal mengatakan, kala itu sepeda ini sudah termasuk mewah. Sampai sekarangpun sepeda ini masih kuat dan masih bisa digunakan. Hanya saja sepeda ini tidak diproduksi lagi. Jadi saat ini hanya tinggal nilai historis nya saja.

Penulis: Suci Aulya
Editor: Rio Sunera



Tags:  -