Ingin Menulis Catatan Perjalanan yang Menarik? Ikuti 10 Tips Ini

By Trip Riau  |  08 Oktober 2015 16:24:58 WIB  |  News

Foto: Dokumentasi tripriau.com

tripriau.com - Banyak sekali saat ini orang yang suka jalan-jalan. Nah, dari perjalanan ini juga tak sedikit orang yang ingin menulis dan membagikan kisah perjalanannya. Baik melalui surat kabar, majalah atau pun blog pribadi.

Beragam tips tentunya diperlukan untuk membuat catatan perjalanan Anda menarik dibaca. Nah, seorang blogger bernama Benny Rhamdani (www.bennyrhamdani.com) akan membagi tipsnya kepada kita semua. Ini dia 10 tipsnya:

1. Tentukan audiens

Apakah catatan perjalanan tersebut untuk majalah wisata, surat kabar atau web perjalanan online? Jika media cetak, lihat pasarnya. Sebisa mungkin pelajari jenis tulisan wisata di sana. Menentukan audiens akan menentukan tulisan yang dihasilkan.

2. Bersiaplah selalu membawa pena dan notes

Catat nama jalan, harga tiket museum, serta informasi penting lainnya. Data di lapangan jauh lebih valid daripada internet.

3. Jangan lupa mengabadikannya dalam bentuk foto

Ini akan membantu mengingat hal-hal yang mungkin terlupa. Tulisan perjalanan ibarat sayur tanpa garam jika tidak disertai foto.

4.Tambahkan juga fakta-fakta penting dan sejarah tempat yang dikunjungi

Kisah perjalanan pribadi dan informasi tempat yang dikunjungi akan menjadi artikel yang menarik. Info tersebut bisa didapat dari katalog wisata / internet.

5. Cari informasi baru tentang tempat yang dikunjungi

Coba bicara dengan penduduk setempat dan coba menemukan tempat-tempat rahasia, yang relatif tak tersentuh oleh wisatawan dan wartawan.

6. Jangan pernah takut untuk menjadi norak, lucu atau jujur dalam tulisan kita

Setiap orang memiliki selera perjalanan yang berbeda, tetapi pasti ada orang di luar sana yang memiliki selera serupa dengan kita. Jangan jaim dalam tulisan untuk mengungkap hal-hal yang bikin kita malu.

7. Draft pertama catatan kita harus memberi rincian dasar dan informasi penting

Jangan khawatir jika draft pertama kering dan sedikit membosankan karena kita akan mengeditnya. Pembaca harus bisa mengikuti jejak perjalanan kita.

8. Beri cerita agar tulisan kita menjadi lebih hidup Gunakan metafora untuk menghidupkan tulisan. Penulis yang baik akan dapat memikat pembaca, tidak peduli seberapa kering objek yang ditulis.

9. Beritahu pembaca

Beritahukan mereka hal yang kita suka atau tidak di tempat-tempat yang kita kunjungi beserta alasannya.

10. Sediakan waktu untuk menyunting

Jangan biarkan tulisan kita penuh kesalahan tanda baca dan tata bahasa. Juga pastikan untuk memeriksa fakta semua informasi.

10 tips ini tentunya bisa berguna bagi pembaca sekalian yang ingin menulis catatan perjalanan. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk segera menuliskan catatatan perjalanan Anda. Selamat Membaca!!

Penulis : Rio Sunera



Tags:  -