Smart Business Map: Saatnya UKM Naik Kelas

By Trip Riau  |  16 Oktober 2015 23:05:50 WIB  |  News

Smart Business Map Pekanbaru

Pekanbaru, tripriau.com- Gerakan sosial untuk mewujudkan 1 juta pengusaha di Indonesia yang diinisiasi oleh Oneintweenty Movement terus berlanjut. Tahun 2015, gerakan ini akan diselenggarakan di 20 kota di Indonesia.

Salah satu upaya untuk mewujudkan impian ini adalah melalui pelaksanaan workshop Smart Business Map. Di Kota Pekanbaru, kegiatan ini akan digelar pada Sabtu-Minggu (17-18/10/ 2015), di Gedung Mandiri University, Pekanbaru. 

Sebanyak 50 pelaku bisnis, khususnya UKM di Pekanbaru dan sekitarnya akan ikut serta pada workshop yang memasuki tahun kedua ini. 

CEO Smartpreneur Pro Indonesia Yuszak M Yahya dan pengusaha sekaligus trainer asal Kota Bandung Taufan Umbara, akan memberikan ilmunya pada kegiatan ini.

Ketua Gerakan Oneintweenty Movement Pekanbaru, Ricky Ariandi mengatakan, pelaksanaan workshop Smart Business Map tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu.

Tahun ini, para peserta wajib mempunyai bisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun.

''Tujuannya, ketika ikut workshop, peserta tidak lagi bingung ingin membuka bisnis apa, tapi sudah masuk dalam ranah pembedahan dan pengembangan bisnis,'' katanya kepada tripriau.com, Jumat (16/10).  

Ricky menambahkan, sesuai dengan tema kegiatan tahun ini, yakni ''Time to Accelerate Your Business'', maka titik fokusnya adalah pada Finansial Report.

''Karena kita lihat UKM itu punya titik lemah pada pembukuan, sehingga UKM tidak sadar keuntungan dan ketersedian dananya berapa dan post dana sudah pas atau belum,'' tambahnya.

Dia menyebut, adanya laporan keuangan juga memudahkan investor dalam melihat progres usaha seseorang. ''Dia (bisnisnya) sedang bagus, stagnan atau sedang growth (tumbuh),'' terangnya.

Selama dua hari, peserta akan diberikan materi-materi yang lebih berfokus pada finansial. Untuk tahun ini, Smart Business Map juga akan dibantu dibantu oleh Bee Accounting selaku penyedia software akuntansi.

Ketua Pelaksana acara Ridwan Wiyono berharap, dari kegiatan ini makin banyak pelaku bisnis, khususnya UKM yang mendapat manfaat.

''Lebih banyak manfaatnya. Terutama, manfaat ilmu pengetahuan. Dan teman-teman UKM di Pekanbaru bisa naik kelas,'' ujar Ridwan. Terkait materi, Owner Klapper Pie ini mengatakan, tahun ini lebih difokuskan pada modul tambahan mengenai laporan keuangan dan operasional profitability.

Di hari kedua, peserta juga akan diajak mengenal lebih dekat tentang perusahaan jasa pengiriman dan logistik JNE.

JNE juga akan memperkenalkan salah satu produk e-commerce-nya yakni Pesona Nusantara.

Pesona Nusantara merupakan wadah bagi para UKM makanan dan oleh-oleh di seluruh Indonesia untuk menjual produk-produk mereka secara online. Pesona Nusantara hadir dipersembahkan oleh JNE.

''Jadi, kita mencoba merangkul UKM food, yang belum punya saluran distribusi dan marketing untuk bergabung di Pesona. Gabungnya free,'' kata Sales dan Marketing Manager JNE Pekanbaru, Zulheri.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -