Anda Pecinta Musang? Yuk Gabung di Musang Lovers Pekanbaru

By Trip Riau  |  21 Oktober 2015 07:57:22 WIB  |  Community

Musang Lovers Pekanbaru

Pekanbaru, tripriau.com- Musang merupakan hewan yang selama ini dianggap sebagai hama dan hewan pengganggu bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya musang merupakan salah satu hewan asli Indonesia dan kini telah langka keberadaannya hingga harus dilestarikan.

Musang Lovers Pekanbaru merupakan suatu komunitas pecinta musang dan komunitas ini ada di berbagai daerah di Indonesia.

Musang Lovers Pekanbaru berdiri sejak tanggal 31 Desember 2013 silam yang diawali dengan pertemuan beberapa pecinta musang di area car free day.

Febri Arianto Djufri menjelaskan, anggota Musang Lovers Pekanbaru mengadakan gathering setiap hari Minggu di area car free day.

"Di area car free day ini, kita para anggota melakukan gathering untuk mempererat silaturrahmi dan kekompakan. Selain itu, kita juga melakukan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat disana untuk memberitahu bagaimana perilaku musang dan lain-lain," jelas Febri.

Humas dari Musang Lovers Pekanbaru ini juga mengatakan, selain melakukan gathering, komunitas ini juga memperkenalkan kepada masyarakat bahwa musang merupakan salah satu hewan langka dan asli Indonesia yang harus dilestarikan.

"Selama ini yang orang tahu kan musang itu adalah hewan hama yang mengganggu," tukasnya.

Bulan Februari lalu, kata Febri, pihaknya mengadakan kontes yang dinamakan gerakan anak musang. Pada kontes ini mereka juga mengundang komunitas Musang Lovers dari daerah lain di Sumatera.

Selain kontes, komunitas ini juga aktif melakukan kegiatan sosial. Salah satunya adalah gerakan turun ke lapangan untuk membagi-bagikan masker gratis karena dampak kabut asap.

"Rencana kita kedepan, kita ingin mengadakan sosialisasi dan edukasi ke sekolah-sekolah di Pekanbaru mengenai musang ini," terang Febri.

Terakhir, Febri mengatakan, syarat untuk dapat bergabung dalam komunitas Musang Lovers Pekanbaru adalah harus mengikuti gathering minimal empat kali. Hal ini bertujuan untuk melihat kesungguhan calon anggota untuk bergabung dan meningkatkan pengetahuan calon anggota mengenai musang.

"Saat ini anggota kita sebanyak 45 orang. Untuk dapat menjadi anggota juga tidak harus memiliki musang," tutup Febri.

Penulis : Suci Aulya

Editor : Sukma Putra



Tags:  -