Sejenak, Menelusuri Wisata Edukasi Pustaka Soeman HS

By Trip Riau  |  27 Oktober 2015 17:42:00 WIB  |  City Guide

Bilik Melayu Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru

Sejenak, Menelusuri Wisata Edukasi Pustaka Soeman HS

Pekanbaru, tripriau.com- Perpustakaan Wilayah Soeman HS merupakan pustaka terbesar se-Asia Tenggara. Pustaka ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata edukasi Anda dan keluarga saat bertandang ke ''Kota Bertuah''. Pustaka Wilayah Soeman HS terletak di pusat Kota Pekanbaru dan diapit oleh dua bangunan megah lainnya yaitu Kantor Gubernur Provinsi Riau dan Bank Indonesia.

Bentuk gedung yang menjadi landmark Kota Pekanbaru ini sangat unik. Menyerupai sebuah buku dalam kondisi terbuka ataupun rehal Al-quran, dengan banyak pilar-pilar besar. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya

Pustaka Soeman HS dikelilingi oleh kaca-kaca besar agar mendapat pencahayaan alami pada siang hari. Kaca-kaca yang disekeliling gedung ini juga merupakan salah satu keunikan dari perpustakaan ini.

Ruang baca Pustaka Soeman HS sangat nyaman karena dilengkapi dengan pendingin ruangan dan fasilitas lainnya, seperti beberapa komputer yang bebas digunakan untuk mengakses internet serta Wi-Fi. Makanya, pustaka ini tidak pernah sepi pengunjung.

Pustaka Soeman HS memiliki motto "Terdepan dalam pelayanan prima, untuk mewujudkan masyarakat cinta membaca". Pustaka ini terdiri dari enam lantai. Untuk mencapai setiap lantainya, disediakan tangga atau Anda juga bisa menggunakan lift.

Di lantai dasar, akan Anda temukan children library. Di sini anak Anda bisa membaca buku yang mereka inginkan. Tak hanya buku, di children library ini juga tersedia beberapa komputer IBM SmartKids.

Di depan children library, terdapat kedai Dharma Wanita dan Bilik Melayu Dr H Tenas Effendy. Di dalam bilik melayu ini terdapat banyak buku mengenai sejarah melayu Riau, Tunjuk Ajar Melayu Riau karya Tenas Effendy, pantun melayu, kamus bahasa melayu hingga resep masakan melayu Riau.

Tak jauh dari bilik melayu dan children library, terdapat 12 komputer yang dapat Anda gunakan untuk mengakses internet. Tak hanya itu, pada bilik media center, Anda juga dapat melakukan hal serupa secara gratis. Bilik ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau.

Selanjutnya, untuk naik ke lantai satu, terlebih dahulu harus menitipkan tas pada tempat penitipan tas yang telah disediakan. Anda bisa menggunakan loker dengan meninggalkan kartu identitas berupa KTP.

Jika ingin naik ke lantai satu menggunakan tangga, tepat disebelah kiri setelah menaiki tangga, terdapat spot untuk membaca koran. Di sini disediakan beberapa koran dari berbagai media massa. Terus berjalan, terdapat tempat registrasi anggota pustaka serta pengembalian buku.

Di lantai ini juga disediakan fasilitas 10 komputer yang bebas pengunjung gunakan. Pustaka Soeman HS juga menggunakan sistem OPAC (Online Public Access Catalog) yang bisa digunakan untuk pencarian buku.

Cara menggunakannya mudah. Cukup mengetikkan judul atau nama pengarang buku yang Anda inginkan, maka akan keluar kode nomor panggil. Setelah mendapatkan nomor panggil ini, Anda bisa langsung mencari rak yang sudah ditempeli nomor panggil yang berbeda.

Pada lantai satu ini terdapat buku-buku mengenai ilmu sosial dan politik, budaya, agama, pendidikan dan lain-lain.

Bagi penyuka buku-buku fiksi, Anda bisa ke lantai dua pustaka ini. Selain buku fiksi, juga terdapat buku sejarah, kesusasteraan, teknologi, kimia, pertanian, kedokteran dan kesehatan. Di sini juga tersedia ruang baca umum dan ruang diskusi.

Terus menelusuri ke lantai tiga, terdapat ruang baca umum, ruang diskusi, ruang koleksi khusus, ruang baca dan ruang bedah buku/diskusi/film.

Menilik hingga ke lantai empat, di sini terdapat ruangan khusus milik PT Chevron. Anda bisa mengakses informasi mengenai perusahaan minyak terbesar di Indonesia ini di ruangan ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan tempat ini untuk mengadakan seminar atau pelatihan.

Pustaka Soeman HS juga menyediakan fasilitas mushalla dan area parkir yang luas. Selain itu, di luar gedung juga terdapat kantin untuk Anda mengisi perut. Pustaka ini buka pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB pada hari biasa dan pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB pada akhir pekan.

Penulis: Suci Aulya

Editor: Rio Sunera



Tags:  -