Wisata Budaya di Bandar Serai Purna MTQ Pekanbaru

By Trip Riau  |  04 November 2015 10:10:26 WIB  |  City Guide

Anjungan Seni Idrus Tintin

Pekanbaru, tripriau.com- Bandar Seni Raja Ali Haji (Serai) Purna MTQ Pekanbaru dapat Anda jadikan sebagai salah satu perjalanan budaya melayu. Dikelilingi bentuk-bentuk rumah adat dari seluruh kabupaten/kota, Bandar Serai yang kerap disebut "MTQ" saja bagi masyarakat Pekanbaru ini sangat kental dengan nuansa melayu karena arsitekturnya.

MTQ berada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru dan jaraknya tak ak jauh dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK II). Jika Anda berkunjung ke tempat ini menaiki bus trans metro Pekanbaru, Anda dapat berhenti tepat di halte yang berada diseberang MTQ.

Kawasan atau komplek MTQ sering diselenggarakan kegiatan-kegiatan pameran berskala lokal dan nasional. Selain memamerkan bangunan adat dari setiap kabupaten/kota, di komplek ini juga terdapat Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR).

Pada sore hari, masyarakat sering memanfaatkan Bandar Serai untuk beraktifitas seperti olah raga maupun sekadar berfoto atau duduk-duduk santai.

Pada malam hari di Komplek Bandar Serai, Anda dapat menikmati aneka kuliner seperti jagung bakar dan lainnya.

Pusat dari MTQ ini adalah Anjungan Seni Idrus Tintin. Nama Idrus Tintin sendiri diambil dari nama seorang sastrawan melayu yang cukup tersohor karena karya-karya yang dihasilkannya.

Anjungan Seni Idrus Tintin terdiri dari tiga lantai. Gedung ini terlihat sangat megah dan mempunyai nilai estetika yang mengagumkan. Bangunan ini sangat kental dengan nuansa melayu dan dijadikan sebagai pusat informasi kebudayaan melayu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau.

Gedung berkapasitas kurang lebih 800 orang ini acap kali diadakan acara seni seperti teater, tari dan sebagainya. Pada tahun 2007, Anjungan Seni Idrus Tintin pernah digunakan untuk penyelenggaraan ajang bergengsi yakni Festival Film Indonesia (FFI).

Penulis: Suci Aulya



Tags:  -