Melihat Taj Mahal dari Riau di Masjid Agung An-Nur

By Trip Riau  |  10 November 2015 00:47:19 WIB  |  -

Masjid Agung An-Nur

Pekanbaru, tripriau.com- Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau kerap disebut sebagai Taj Mahal yang berada di Negara India. Disebut seperti ini karena bentuk dari bangunan masjid ini menyerupai bagunan dari negara tersebut. Jika dilihat dari arsitektur bangunannya, masjid ini bergaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

Masjid Agung An-Nur terletak di Jalan Hang Tuah Pekanbaru dan didominasi oleh warna hijau. Lokasinya pun strategis serta tak jauh dari jantung kota. Masjid ini dekat dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Fakultas Kedokteran Universitas Riau serta Markas Makorem 031/WB.

Terdiri dari dua lantai, masjid yang terlihat mewah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas baik di dalam maupun di luar masjid. Pada lantai dua merupakan tempat untuk melaksanakan shalat. Ruangan ini sangat nyaman karena dilengkapi dengan pendingin (AC) sehingga membuat ibadah menjadi khusyuk.

Pada lantai satu, terdapat perpustakaan, ruang pertemuan, ruang kantor masjid dan aula. Aula ini dapat difungsikan bagi masyarakat untuk menggelar resepsi pernikahan, seminar dan lain-lain.

Tak hanya itu, di lingkungan masjid ini juga terdapat tempat pendidikan mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA.

Dengan adanya lingkungan yang asri dan luas, pada sore hari sering digunakan oleh masyarakat sebagai tempat berolah raga. Namun untuk berolah raga di lingkungan masjid ini Anda tentu harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan yang sesuai dengan lingkungan yang islami, yakni dari sikap, perilaku, tindakan, ucapan dan berpakaian yang menutup aurat.

Pada waktu yang sama yakni sore hari, juga terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan di komplek Masjid Agung An-Nur. Lingkungan yang bersih serta hijau merupakan daya tarik tersendiri jika Anda berkunjung ke Masjid yang menjadi salah satu icon bagi Provinsi Riau ini.

Penulis : Suci Aulya



Tags:  -