Cita Rasa Melayu Asli di Pondok Yurika

By Trip Riau  |  10 November 2015 17:35:04 WIB  |  City Guide

Pondok Yurika sajikan masakan Melayu

Pekanbaru, tripriau.com- Di Kota Pekanbaru tak banyak rumah makan yang menyajikan menu dengan cita rasa khas Melayu Riau. Namun kali ini, Pondok Yurika yang terletak di Jalan Dr. Sutomo akan menyuguhkan hidangan-hidangan lezat dari menu khas Melayu Riau.

Manager Pondok Yurika, Syafri, mengungkapkan bahwa perjalanan mendirikan rumah makan khas melayu ini menelan waktu yang cukup panjang. “Pondok Yurika berdiri sejak tahun 1991 dan pertama kali berada di Arengka, di depan Jalan Damai Langgeng,” ungkapnya.

"Kita pindah ke Jalan Sutomo ini pada tahun 2003. Namun sejak berdirinya, di tahun 2001, Pondok Yurika mulai sangat dikenal oleh masyarakat. Ini semua berkat kerjasama serta Hj Nurleli –Owner Pondok Yurika, yang juga merupakan seseorang yang giat dan ulet dalam berbisnis,” lanjutnya.

Pondok Yurika dapat menampung 150 orang pengunjung dan terdiri dari dua section ruangan yakni ruang biasa dan ruang tertutup yang dilengkapi dengan pendingin ruangan. Ruangan ini cocok Anda gunakan sebagai tempat pertemuan bisnis maupun pertemuan dengan konsep formal maupun semi formal.

Didominasi dengan warna kuning dan merah yang merupakan ciri khas warna Melayu Riau, Pondok Yurika juga menyediakan jasa catering untuk berbagai acara Anda seperti resepsi pernikahan dan sebagainya.

"Khusus catering untuk acara pernikahan, umumnyanya kita menyediakan menu-menu nasional, namun tetap kita sisipkan cita rasa melayu melalui sambalnya yakni sambal nenas, sambal kuini dan sambal terung asam,” terang Syafri kepada tripriau.com, Senin (9/11/2015).

Dengan mengandalkan koki utama yang merupakan orang melayu, di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan makanan khas Melayu Riau yang rata-rata berbahan dasar ikan.

Beberapa menu di Pondok Yurika yakni pindang ikan patin, gulai ikan selais, selais goreng, ikan pantau goreng, asam pedas patin, gulai udang, kerang dan lain-lain.

"Asam pedas patin, pindang ikan patin dan selais goreng merupakan menu andalan di Pondok Yurika dan menjadi favorit pengunjung,” pungkas Syafri.

Selain makanan berat, Pondok Yurika juga menyediakan cemilan khas Melayu Riau yang disediakan setiap harinya. Cemilan ini seperti roti jala, ubi telan (merupakan makanan tetua-tetua melayu dahulu), surabi, lupis dan lain sebagainya. Minuman khas melayu seperti laksamana mengamuk juga akan siap menemani santapan lezat Anda.

Pondok Yurika berada tepat di wilayah Primkopad Wirabima dan berdekatan dengan SDN 88 serta SMKN 3 Pekanbaru. Pondok ini mudah ditemukan karena bentuk bangunannya yang kental akan adat melayu dan menggunakan kayu atau bambu pada bagian depan.

Karyawan di Pondok Yurika setiap hari mengenakan busana melayu dan siap melayani anda dengan keramahannya. Untuk informasi lebih lanjut, pondok yang buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB ini dapat Anda hubungi di nomor telepon 0761-848456-7053830.

Penulis: Suci Aulya

 



Tags:  -