Kesegaran Ikan Patin Khas Melayu di Pondok Yurika

By Trip Riau  |  11 November 2015 05:53:10 WIB  |  Culinary

Ikan Patin khas Melayu di Pondok Yurika

Pekanbaru, tripriau.com- Masakan khas Melayu Riau yang rata-rata berbahan dasar ikan, kini dapat Anda rasakan kesegaran dan kelezatannya di Pondok Yurika yang berada di Jalan Dr. Sutomo Pekanbaru.

Beberapa menu andalan Pondok Yurika yang dapat Anda nikmati yaitu asam pedas patin, pindang ikan patin dan selais goreng. Asam pedas ikan patin berwarna orange dan bumbu yang meresap hingga ke dalam ikan, akan memanjakan lidah Anda dengan kesegaran rasanya.

"Masakan asam pedas kita berbeda dengan makanan ditempat lain. Ini dilihat secara pengolahan dan bumbu yang kita gunakan. Bumbu yang digunakan sebenarnya sederhana saja yakni bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe (yang sesekali digunakan) dan tidak menggunakan serai. Lalu ditambah dengan asam dan garam,” jelas Manager Pondok Yurika, Syafri.

Ikan di Pondok Yurika tidak menggunakan ikan ternak atau ikan kolam, melainkan langsung ikan sungai. Menurut Syafri, kedua ikan ini memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda.

"Seperti ikan patin, jika dilihat dari fisiknya sudah berbeda dengan patin ternak. Kalau patin sungai dibagian dadanya lebih tebal dan keras. Bentuk siripnya juga berbeda dari patin ternak. Kepala dari patin sungai juga lebih ramping dan dagingnya lebih padat.”

"Resep masakan disini merupakan olahan dan racikan dari pemilik Pondok Yurika sendiri yaitu Hj Nurleli. Bumbu Melayu sebenarnya tidak akan lepas dari lima macam bahan dasar yakni bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan lengkuas,” pungkasnya.

 

Penulis : Suci Aulya



Tags:  -