Catat!! Festival Batang Gangsal 19-23 November 2015

By Trip Riau  |  12 November 2015 18:16:36 WIB  |  News

Berbagai atraksi budaya serta perlombaan bakal diadakan untuk memeriahkan iven yang bertujuan mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Indragiri Hulu ini.  Kegiatan ini dipusatkan di Desa Rantau Langsat, yang berada persis dipinggir kawasan TNBT. Foto: Panitia Festival Batang Gangsal for tripriau.com

Pekanbaru, tripriau.com – Hai Tripers, Festival Batang Gangsal kembali digelar pada tahun ini. Tepatnya pada 19-23 November 2015 mendatang. Kebudayaan Suku Talang Mamak dan potensi wisata Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) akan diperkenalkan melalui festival ini.

Berbagai atraksi budaya serta perlombaan bakal diadakan untuk memeriahkan iven yang bertujuan mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Indragiri Hulu ini.

Kegiatan ini dipusatkan di Desa Rantau Langsat, yang berada persis dipinggir kawasan TNBT. Festival ini merupakan kerjasama Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Inhu dan Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

‘’Festival Batang Gangsal ini untuk iven promosi pariwisata Inhu dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh,’’ kata Andi, panitia penyelenggara dari Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh kepada tripriau.com.

Andi menyebut, untuk masyarakat lokal akan digelar lomba Lempar Tombak ala Talang Mamak, Gambus Tradisional, atraksi Gasing Tradisional, serta atraksi Silat Tradisional. Ada juga lomba kreasi kerajinan untuk suvenir, seperti anyaman.

‘’Ada juga Pacu Rakit, Pacu Sampan, kalau untuk masyarakat itu yang mereka akan berkompetisi. Yang tinggal (Suku Talang Mamak) di hulu-hulu sungai itu turun,’’ sebutnya.  

Sementara, untuk masyarakat atau wisatawan yang datang dari luar daerah, bisa menikmati beberapa kegiatan di festival ini. Salah satunya, mencoba kegiatan mountain bike atau sepeda gunung.  

‘’Jadi, kita cross country, mutar-mutar, melewati hutan, melewati kampung yang ada di sini,’’ katanya.

Kegiatan lainnya adalah Lomba Memancing yang digelar di Sungai Batang Gangsal. Lomba Fotografi juga akan digelar untuk memeriahkan iven ini.

Banyak lagi yang bisa kita lakukan saat mengunjungi iven ini. Tamu yang menginap bisa memilih untuk keliling dusun atau menyusuri sungai atau kegiatan apapun yang ingin dilakukan di lokasi ini.

Andi menambahkan, festival ini merupakan tahun kedua yang digarap secara bersama-sama dengan Disporabudsata Inhu. ‘’Biasanya kita dari TNBT aja yang garap. Biasanya yang datang dari Inhu aja, sekarang sudah mulai dari Pekanbaru,’’ sebutnya.  

Festival ini juga bagian dari upaya membina masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sana. ‘’Karena mereka punya potensi budaya, seni dan wisata alam, maka kita garap ini sebagai objek wisata,’’ sebut Andi.

Akses dan Akomodasi Menuju Lokasi

Bagi anda yang tertarik untuk melihat keunikan budaya Suku Talang Mamak, menikmati festival ini tentunya bisa menjadi pilihan seru.

Untuk akses, lokasi festival bisa ditempuh melalui jalur darat. Bila dari Pekanbaru, memakan waktu tempuh hingga 8 jam. Bila anda berangkat dari Pekanbaru, butuh waktu 6 jam untuk menuju lokasi.

Estimasinya, 4 jam menuju pusat pemerintahan Indragiri Hulu, yakni Pematang Reba, dilanjutkan 2 jam perjalanan menuju Desa Rantau Langsat. Kendaraan pribadi bisa sampai hingga lokasi festival. Jalannya sudah beraspal. Hanya, sekitar 8 kilometer menjelang lokasi jalannya masih tanah berbatu. Tapi cukup nyaman.

Untuk sarana akomodasi atau penginapan, di lokasi terdapat camping ground. Mendirikan tenda dan camping bersama teman-teman pastinya sangat mengasikkan.

Penulis: Rio Sunera



Tags:  -